Sabtu, Juli 27, 2024
spot_img

Perhatikan 10 Tips Beli Motor Bekas Agar Aman Dan Tidak Ditipu

Membeli motor bekas menjadi alternatif pilihan bagi yang ingin membeli kendaraan, namun budget terbatas. Jika anda memutuskan untuk membeli motor bekas, tips dalam artikel berikut penting untuk diperhatikan.

Tips Membeli Motor Bekas yang Aman

Membeli motor bekas bukan persoalan gampang. Perlu kehati-hatian agar motor bekas yang anda dapatkan aman dan bagus kondisinya. Berikut tips beli motor bekas yang dapat Anda jadikan rujukan :

1. Tentukan jenis motor

Menentukan jenis motor bekas yang akan dibeli sangat penting.  Anda dapat menentukan jenis motor sesuai dengan kebutuhan. Jika anda butuh motor untuk perjalanan jauh, anda dapat memilih motor  dengan CC yang besar.  Sebaliknya jika anda butuh motor untuk mobilitas dalam Kota, motor matic bisa menjadi pilihan.

2. Cek harga di pasaran

Agar motor bekas yang anda beli tidak kemahalan, anda harus mengecek harganya di pasaran.  Pengecekan bisa dilakukan secara online melalui situs penjualan atau lewat media seperti koran atau majalah.

3. Cek nomor rangka dan mesin

Periksa kesesuaian nomor mesin dan rangka motor dengan nomor yang tertera di STNK dan BPKB. Jika nomor tidak sama dengan yang tertera pada surat kendaraan, sebaiknya jangan dibeli. Karena bisa jadi motor tersebut hasil tindak kejahatan.

Untuk menghindari risiko ini, sebaiknya anda membeli motor bekas di tempat yang terpercaya. Seperti dealer resmi yang biasa memajang dagangannya di showroom.

4. Cek keadaan fisik motor

Pengecekan terhadap kondisi fisik motor perlu dilakukan agar anda tahu apakah motor tersebut pernah jatuh atau tidak. Hal ini terlihat dari ada tidaknya goresan, penyok, atau retak pada body motor. Anda juga perlu menanyakan keaslian suku cadang yang digunakan.

5. Periksa kondisi oli

Pengecekan kondisi oli sangat penting. Periksa apakah jumlah oli berlebihan atau tidak. Cek kapasitas oli dari pengukur batas maksimal yang terdapat pada penutup oli. Hal ini penting untuk mengetahui apakah kendaraan menggunakan oli yang bagus atau tidak.

6. Nyalakan kendaraan

Menyalakan kendaraan penting untuk mengetahui kondisi mesin dari motor. Saat mesin dinyalakan, Anda tidak perlu menambah gas. Agar bisa diketahui suara mesin masih halus atau tidak.  Jika saat dinyalakan tiba-tiba mesin mati, artinya mesin motor tersebut ada masalah.

7. Periksa fungsi speedometer

Speedometer harus dicek apakah masih berfungsi baik. Seluruh indikator seperti bahan bakar, lampu dan penghitung jarak harus berfungsi dengan baik. Pastikan panelnya semua berfungsi dan tidak mati.

8. Cek perpindahan gigi

Saat anda mencoba menjalankan kendaraan, anda harus memperhatikan posisi perpindahan gigi apakah sulit atau tidak. Jika terasa sulit bisa jadi kampas kopling akan segera habis. Jika saat dikendarai terdengar suara mendesir ada kemungkinan gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.

9. Cek rangka atau sasis motor

Kelurusan roda motor depan dan belakang perlu dicek. Caranya dengan menjalankan kendaraan dengan kecepatan sekitar 40 km/jam. Kemudian tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan.

10. Cek kondisi kelistrikan

Kondisi kelistrikan sangat penting untuk dicek. Seperti kondisi lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, dan elektrik stater.

Itulah beberapa tips membeli motor bekas yang penting untuk Anda ketahui. Jika saat ini anda membutuhkan motor bekas anda dapat mencari dan membelinya di Blibli. Ada banyak seller di Blibli yang menawarkan motor bekas berkualitas.

Blibli adalah marketplace terlengkap dan terpercaya di Indonesia. Segala macam kebutuhan Anda  tersedia di Blibli.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink