Jumat, Juli 19, 2024
spot_img

STAIN Sultan Abdurrahman Kepri Memimpin Pembekalan KKN 2024

KEPRI. GK.com – STAIN Sultan Abdurrahman Kepri berhasil menggelar sesi pembekalan dua hari bagi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler tahun 2024.

Acara ini yang berlangsung di Auditorium Razali Jaya, Pada tanggal 4-5 Juli 2024, merupakan tahap persiapan awal untuk 273 mahasiswa dari 11 program studi. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan ilmu pengetahuan mereka dengan praktik nyata di lapangan, di 25 lokasi yang tersebar di 4 kabupaten.

Acara pembekalan tersebut berperan sebagai momentum penting bagi para mahasiswa untuk bertemu langsung dengan tantangan dan peluang dalam menerapkan pembelajaran akademis mereka.

Dengan menempatkan nilai pengabdian dan adaptasi terhadap kondisi sosial sebagai inti dari program ini, para mahasiswa diajak untuk mengembangkan sikap empati dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Insight dari Wakil Ketua I tentang Pentingnya KKN bagi Mahasiswa


Wakil Ketua I, Aris Bintania, M.Ag., menyampaikan bahwa nilai inti dari KKN tidak hanya terletak pada aspek akademis, melainkan juga pada kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk berinteraksi dan berkembang bersama masyarakat.

Beliau menekankan tentang pentingnya membangun sikap positif dan tanggung jawab sosial selama program berlangsung, sebagai pondasi bagi mahasiswa untuk sukses tidak hanya dalam capaian akademis tetapi juga dalam keterampilan sosial dan empati.

Detail Penempatan Mahasiswa dan Outline Materi Pembekalan di Hari Pertama

Lina Eka Retnaningsih, selaku ketua koordinasi, memberikan penjelasan terperinci mengenai strategi penempatan mahasiswa di berbagai lokasi.

Ini dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan dampak positif mahasiswa terhadap masyarakat di4 kabupaten tersebut. Selain itu, pembekalan hari pertama ditekankan pada pemberian panduan tentang lokasi, metodologi pelaksanaan KKN, dan prosedur penyusunan laporan, untuk memastikan semua mahasiswa siap menjalankan tugas dengan efektif.

Fokus Materi Pembekalan Hari Kedua pada Aspek Kritis dan Moderasi

Di hari kedua, fokus pembekalan beralih pada pembahasan temasuk risiko kerja, moderasi beragama, dan pentingnya mendapatkan sertifikasi halal.

Pertimbangan ini sangat krusial mengingat keragaman budaya dan agama di Indonesia, yang memerlukan pendekatan inklusif dan penghormatan terhadap perbedaan. Sesi ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk mengimplementasikan konsep moderasi beragama dan pemahaman tentang kehalalan produk dalam praktik mereka di lapangan.

Pernyataan Penutup dari Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepri

Ketua STAIN, Dr. Muhammad Faisal, M.Ag., menyatakan penutupan resmi acara pembekalan ini dengan menyampaikan harapan agar hasil KKN2024 dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan masyarakat di keempat kabupaten di Kepulauan Riau.

Beliau juga berharap agar dedikasi dan kerja keras mahasiswa selama KKN dapat menghasilkan inisiatif-inisiatif pembangunan yang berkelanjutan, menciptakan nilai tambah untuk masyarakat dan lingkungan.

Kesimpulan Program Pembekalan KKN2024 STAIN Sultan Abdurrahman Kepri

STAIN Sultan Abdurrahman Kepri telah sukses meletakkan dasar yang kuat bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan mereka dalam konteks nyata melalui pembekalan KKN2024.

Program ini dirancang untuk membentuk karakter mahasiswa yang tangguh, adaptif, dan penuh empati terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan fokus pada pendekatan yang realistis dan berakar pada nilai-nilai kemanusiaan, KKN ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, tapi juga mengasah mahasiswa menjadi individu yang berkontribusi aktif dalam pembangunan bangsa.(siska)

Editor : RW

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink