Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

Pembangunan CY Batu Ampar: Langkah Maju Pelabuhan Batam

Batam, GK.com – Dalam upaya meningkatkan kapasitas dan efisiensi, Pelabuhan Batu Ampar di Kota Batam telah memulai proyek pembangunan Container Yard (CY) yang signifikan. Groundbreaking yang dilakukan pada tanggal 8 Mei 2024 menandai langkah besar dalam pengembangan infrastruktur pelabuhan yang merupakan hub logistik internasional penting di wilayah tersebut.

Proyek ini, yang diresmikan oleh Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) bersama PT. Persero Batam, bertujuan untuk memperluas kapasitas pelabuhan hingga 900.000 TEUs per tahun. Pembangunan CY ini adalah bagian dari fase kedua pengembangan Pelabuhan Batu Ampar, yang akan mencakup pembangunan area CY seluas 12 hektare, penambahan infrastruktur dengan 4 Quay Cranes (QC) dan 10 Rubber-Tyred Gantry (RTG), serta peningkatan produktivitas dan konektivitas.

PT. Waskita Beton Precast Tbk telah ditunjuk sebagai kontraktor untuk proyek ini, dengan PT. LAPI ITB sebagai konsultan. Dengan investasi sekitar Rp 360 miliar, pembangunan diperkirakan akan memakan waktu 15 bulan, dengan harapan operasional penuh pada Mei 2025.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menyatakan harapannya bahwa proyek ini akan memacu semangat pembangunan di Kota Batam, terutama dalam sektor kepelabuhanan. Beliau juga mengapresiasi dukungan dari PT. Persero Batam dan Forkopimda Kota Batam dalam upaya bersama untuk mewujudkan visi Pelabuhan Batu Ampar sebagai infrastruktur yang berdaya saing dan mendukung transformasi Kota Batam menjadi kota modern.

Seremoni groundbreaking diakhiri dengan penekanan sirine dan pengecoran simbolis, menandai dimulainya proyek ambisius ini yang diharapkan akan menjadi titik balik dalam pengembangan pelabuhan dan logistik di Batam.(*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img