Sabtu, Juli 27, 2024
spot_img

Harga Jual Tinggi, Benih Lobster Jadi Primadona Penyeludup

Batam, GK,com – Letak geografis Batam yang diapit oleh beberapa Negara, tentunya menjadikan Batam sebagai salah satu Kota yang ada di Kepri  memiliki keuntungan tersendiri.

Tak jarang dengan hal itu, terkadang Batam juga kerap dijadikan sebagai Kota transit dalam aksi penyeludupan barang-barang illegal. Salah satu bentuk penyelundupan yang masih terus terjadi di perairan Batam, Kepulaan Riau adalah penyeludupan benih Lobster.

Baca juga :

Melalui wawancara tim Media ini bersama salah satu pelaku penyelundupan benih Lobster yang tidak ingin namanya disebutkan. Dirinya mengungkapkan bagaimana biasanya benih Lobster itu didapatkan.

“Benih Lobster biasanya didapati dari nelayan di Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung dan Bengkulu. Nelayan mendapatkannya dari perarian Samudera hHindia pada kedalaman 10 sampai 20 meter dengan kadar garam 20 hingga 33 salti, dan suhu sekitar 15 dejarat celcius yang menjadi habitat alami Lobster,” ujarnya.

Baca juga :

Keuntungan Dari Penyelundupan Benih Lobster Tidak Main-main

“Biasanya benih Lobster dijual Nelayan kepada Pengepul denga harga Rp 7.000,- sampai Rp 8.000,-  per ekor. Selanjutnnya, dari Pengepul menjual ke Penyelundup pada harga Rp 20.000,- hingga Rp 30.000,- per ekornya,” jelasnya.

“Sebagai mahluk hidup, perjalanan benih Lobster dari penyelundup hingga sampai pada penerima di Negara Luar tentu membutuhkan penanganan khusus agar benih tersebut bisa tetap hidup sampai ke tangan penerima terakhir,” tuturnya.

Baca juga :

HS Diduga Ikut Terlibat dari Penyeludupan Benih Lobster

“Perjalanan benih Lobster dari Pulau Jawa biasanya melalui jalur darat ke Jakarta. Dari Jakarta berlanjut ke Sumatera, yaitu di daerah Palembang atau Jambi. Lalu perjalanan benih Lobster berpindah melalui jalur laut melewati Batam untuk diselundupkan ke Singapura. Perjalanan benih Lobster di laut menghabiskan durasi 5 hingga 7 jam ke penerima terakhir di Negara Vietnam”. terangnya.

Baca juga :

Melirik Aktivitas Illegal di Batam Serta Pengawasan Armadanya

Di restoran lokal, satu ekor Lobster ukuran dewasa dijual pada harga Rp 800.000,- hingga Rp 1.200.000,-. Tak heran jika permintaan benih Lobster melalui jalur penyelundupan tetap tinggi. Setelah melalui budidaya lanjutan, benih Lobster berkembang biak jadi Lobster dewasa. Lalu siap dipanen dan dikonsumsi di resto seafood dengan harga superior. Lobster memang jadi santapan berharga tinggi. (Tim).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink