Kamis, Februari 22, 2024
spot_img

Pemkab Karimun Laksanakan Kenduri Kampung Sehidang Talam

Karimun, GK.com – Mengenakan pakaian adat melayu lengkap, Bupati Karimun Dr H Aunur Rafiq S.Sos M.Si menghadiri acara Kenduri Kampung Sehidang Talam bersama Aliansi Budak Balai Bersatu dan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun.

Perhelatan yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya itu merupakan wujud penghormatan kepada pendahulu dengan mengirimkan doa menjelang bulan puasa.

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Karimun pada Sabtu (18/03/2023) diinisiasi oleh Aliansi Boedak Balai Bersatu Kabupaten Karimun, guna memperkuat jalinan silaturahmi antar masyarakat Bumi Berazam.

Dalam jamuan acara adat istiadat, kenduri doa selamat, kenduri arwah maupun perayaan tertentu, setiap hidangan di dalam talam dihidangkan hanya untuk lima orang, yang mengartikan jumlah shalat lima waktu, sekaligus merupakan rukun Islam.

Dalam sambutannya, Bupati Karimun Aunur Rafiq menuturkan, pelaksanaan kegiatan kenduri kampung Sehindang Setalam ini adalah untuk meningkatkan jalinan kebersamaan pada momentum yang tepat, yaitu dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

“Kita harus senantiasa ingat pada sejarah, dan berterima kasih kepada para pendahulu. Hal Ini tentunya memiliki makna yang sangat besar guna membangkitkan semangat masyarakat Karimun untuk selalu bersatu padu,” ucap Aunur Rafiq.

Dikatakan Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Karimun, Dato Wira Setia Utama Muhammad Firmansyah, kenduri kampung merupakan salah satu sarana merawat kekayaan sejarah dan kebudayaan Melayu.

“Sepintas memang hanya terlihat sebagai acara makan beramai- ramai. Tetapi, sebenarnya banyak nilai sejarah dan kebudayaan melayu yang dilestarikan, serta di wariskan melalui kenduri ini,” tuturnya.

“Melalui kenduri kampung Sehidang Setalam ini, adat istiadat, insan yang bertaqwa harus mampu menanamkan sifat-sifat terpuji dan berwawasan kreatif yang memiliki etos kerja tinggi untuk membangun Kabupaten Karimun lebih baik lagi kedepannya”. harap Firmansyah.

Turut hadir pada saat itu, Ketua DPRD Kabupaten Karimun, Wakil Bupati Karimun, dan tamu undangan lainnya. (YW).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -