Beranda Kesehatan Ini Penjelasan Kadinkes Karimun Tentang Efek Samping Vaksin Sinovac

Ini Penjelasan Kadinkes Karimun Tentang Efek Samping Vaksin Sinovac

793
0

Karimun, GK.com – Sebelumnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin di Indonesia pada 13 Januari lalu, Kabupaten Karimun sendiri akan melakukan kegiatan tersebut pada Febuari mendatang, namun ada beberapa masyarakat yang menanyakan akan efek samping vaksin tersebut.

Terkait hal itu, kepada Awak Media ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi mengatakan bahwa setiap obat-obatan juga memiliki efek samping tersendiri.

“Bukan hanya vaksin saja, obat-obatan juga memiliki efek samping tersendiri, seperti jika kita sakit magh pasti kita minum obat magh, nah efek sampingnya kita susah untuk BAB,” ujar Rachmadi di Kantornya, Jumat (15/1) siang.

Rachmadi juga menjelaskan, untuk umur 60 keatas mungkin akan digunakan vaksin selanjutnya.

“Yang umur 60 keatas mungkin digunakan vaksin yang selanjutnya, karna setiap vaksin berbeda-beda, ada yang mematikan virus, ada juga untuk melemahkan virus. Vaksin Sinovac ini termasuk vaksin yang melemahkan virus,” sambungnya.

Dikatakan Rachmadi, untuk melakukan vaksinasi, ada 4 meja yang harus dilalui, 4 meja tersebut adalah,

1. Meja pertama untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi data.

2. Meja kedua petugas kesehatan melakukan analisa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta, serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana.

3. Meja ketiga ini dilakukan penyuntikan vaksin, untuk vaksin mutidosis petugas menuliskan tanggal dan jam dibukanya vial vaksin dengan pulpen/spidol di label pada vial vaksin.

4. Meja keempat dilakukan pencatatan, petugas mempersilahkan sasaran untuk menunggu 30 menit sebagai antisipasi bila ada KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). (RE).

Editor : Febri