Beranda Kepulauan Riau Karimun Sering Diabaikan, Begini Penjelasan Disdukcapil Karimun Tentang Pentingnya Akta Kematian

Sering Diabaikan, Begini Penjelasan Disdukcapil Karimun Tentang Pentingnya Akta Kematian

845
0

Karimun, GK.com – Akta Kematian atau Surat Kematian adalah surat yang dibuat dan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang membuktikan kematian seseorang, namun masih banyak masyarakat yang menganggap sepele dengan Akta Kematian tersebut.

Padahal, Akta Kematian memiliki banyak manfaat baik untuk anggota keluarga, seperti menjadi persyaratan penting dalam kepengurusan dokumen terkait persoalan ahli waris, kepengurusan uang duka, tunjangan kecelakaan, asuransi, dan kegunaan administrasi lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karimun, Drs. MUHD. Tahar, M.Pd saat ditemui oleh Awak Media ini di Kantornya mengatakan, Akta Kelahiran wajib dibuat oleh masyarakat untuk validasi data kependudukan.

“Untuk kematian wajib dilaporkan dan dibikin Aktanya, karena untuk validasi data kependudukan agar yang sudah mati tidak masuk lagi dalam data base kependudukan,” ujar Tahar, Rabu (13/1) siang.

“Untuk syaratnya, diperlukan KTP beserta KK yang meninggal, kemudian surat kematian dari Rumah Sakit, jika meninggal di rumah bisa meminta surat ke Lurah atau ke Kepala Desa setempat,” sambungnya.

“Pelapor bisa melaporkan langsung ke Disdukcapil atau Kecamatan yang bersangkutan”. katanya.

Tahir berharap kepada Lurah atau Kepala Desa setempat agar lebih aktif dalam melaporkan kematian yang terjadi. (RE).

Editor : Febri