Beranda Kepulauan Riau Anambas Cuaca Ekstrim Melanda Anambas, BMKG Himbau Tetap Waspada Dengan Fenomena La Nina

Cuaca Ekstrim Melanda Anambas, BMKG Himbau Tetap Waspada Dengan Fenomena La Nina

64
0

Anambas, GK.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menghimbau masyarakat Anambas untuk tetap waspada terhadap fenomena La Nina, mengingat cuaca ekstrim saat ini tengah menimpa Kepulauan Riau, khususnya di Anambas.

Kepala BMKG Anambas, Sirajul menjelaskan bahwa fenomena alam La Nina yang saat ini sedang terjadii di Anambas, diakibatkan dari terjadinya penurunan suhu air laut di Samudera Pasifik yang menyebabkan pembentukan awan berlebihan, sehingga terjadi curah hujan yang tinggi.

“Telah terjadi penurunan suhu air laut di samudera pasifik, sehingga awan yang menumpuk disana tertiup angin kesini, dan terjadilah curah hujan yang tinggi,” jelas Sirajul kepada Awak Media ini, Rabu (13/01) di Kantor BMKG Anambas.

Ia menyebutkan bahwa fenomena La Nina ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Anambas, tetapi pada Tahun 2018, Anambas juga pernah dilanda fenomena La Nina.

“Karena adanya La Nina ini, terjadi perbedaan curah hujan di akhir tahun 2019 dan akhir tahun 2020, pada akhir tahun 2019 curah hujan tidak setinggi ini,” ungkapnya.

Dikesempatan itu, Sirajul juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berprofesi di laut untuk jangan pergi melaut dulu jika gelombang tinggi, dan tetap selalu berhati-hati terhadap ketinggian gelombang.

“Kita juga sama-sama tau ya, jika saat ini angin dan gelombang sedang kuat, untuk Nelayan diharapkan selalu berhati-hati terhadap ketinggian gelombang, jika gelombang sedang tinggi, jangan melaut dulu”. tutur Sirajul. (FR).

Editor : Febri