Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Wali Kota Batam Resmikan Puskesmas Mentarau 3 Lantai

Batam, GK.com – Menjadi Puskesmas ke- 21 di Kota Batam dengan menggunakan anggaran Tahun 2019,kini Puskesmas Mentarau yang terletak di kawasan Perumahan Cipta Land, Kelurahan Patam Lestari, Kecamatan Sekupang telah resmi beroperasi, sejak diresmikan oleh Wali Kota Batam,Muhammad Rudi , Jum’at (21/2).

“Puskesmas Mentarau ini besar lahannya, bangunan megah, modelnya juga baru,” puji Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

“Puskesmas kita perbanyak untuk mempermudah jarak tempuh masyarakat, memperpendek jarak rentang masyarakat yang mau berobat, dengan maksud apabila sebelumnya jauh di sana, sekarang bisa lebih dekat,” lanjut Rudi menjelaskan.

 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat menyampaikan kata sambutan

 

Dikatakan Rudi, apabila Kota ingin maju, salah satu syaratnya adalah penduduknya sehat, karena itulah kesehatan harus dijaga, apalagi di tengah wabah virus corona yang melanda sejumlah Negara, warga Batam harus menjaga vitalitas tubuhnya demi kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, Rudi yang juga sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam ini menyampaikan rencana pengembangan RSBP Batam, yang mana Rumah Sakit di Sekupang akan dikembangkan menjadi berstandar Internasional,dengan harapan agarmasyarakat dari berbagai Daerah dan Negara akandatang ke Batam untuk urusan kesehatan.

“Saya punya cita-cita, suatu waktu orang Batam tak perlu lagi berobat ke Johor dan Melaka, namun untuk mewujudkan itu, pemerintah masih mengalami kesulitan, tapi ada rencana agar RSBP Batam yang kita kembangkan, karena kita mau Batam betul-betul menjadi Kota yang sempurna dan jadi contoh terindah di Republik ini, mau Puskesmas, Rumah Sakit, Kantor Camat, Lurah, Jalan, ataupun Pelabuhan,” ujar Rudi.

 

Baca Juga : 

Momen HUT RI ke- 74, Rudi : Persatuan Dan Kesatuan Harus Dijaga, Masyarakat Harus Menyatu

 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan, Puskesmas Mentarau ini adalah Puskesmas ketiga di Kecamatan Sekupang yang dibangun untuk melayani masyarakat di Kelurahan Patam Lestari dan Tiban Indah.

“Ada sekitar 26.000-an penduduk di dua Kelurahan ini, kita buat di Patam Lestari untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat, karena wilayah Sekupang ini besar, agak jauh ke Puskesmas Sekupang dan Tiban Baru,” kata Didi.

Selain mendekatkan pelayanan, juga untuk mengurangi kepadatan di dua Puskesmas lain yang sudah ada sebelumnya. Puskesmas Tiban Baru untuk wilayah Kelurahan Tiban Baru dan Tiban Lama. Sedangkan Puskesmas Sekupang untuk Kelurahan Tanjungriau, Tanjungpinggir, dan Sei Harapan.

 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menandatangani Prasasti Peresmian Puskesmas Mentarau

 

Disampaikan Didi, Puskesmas Mentarau ini dibangun tiga lantai dan kelengkapan ruangannya sudah memenuhi standar yang diatur dalam Permenkes Nomor 75 Tahun 2014.

“Misalnya ruang sterilisasi sudah ada, dulu tak ada, IGD lengkap semua, Poli Lansia berdekatan dengan Poli lain, sehingga memudahkan pasien yang sudah berusia lanjut, ada juga ruang bermain anak. Puskesmas Tiban Baru, Sekupang, belum pakai Permenkes, tapi kita upayakan untuk memenuhi standarnya.Tahun ini di Puskesmas Mentarau juga akan dilengkapi lift, karena bangunannya tiga lantai,” jelasnya.

Dijelaskan Didi, Petugas kesehatan yang ada sekitar 20 orang, sudah termasuk kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas.

“Tapi sekarang ini masih kepala sementara, nanti rencananya kita tugaskan Dokter Hari, mantan Kepala Puskesmas Bulang”. pungkasnya. (Red/Hms).

Editor : Febri

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles