Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img
Beranda blog

Server PDN Gangguan, Imigrasi Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor

0
Server PDN Gangguan, Imigrasi Tetap Layani Perlintasan dan Permohonan Paspor

JAKARTA,GK.com – Layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis (kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian) serta tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan untuk sementara mengalami kendala. Hal ini merupakan imbas dari gangguan kesisteman pada pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang sedang berlangsung, Kamis (20/06/2024).

“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim pada Kamis (20/06/2024).

Adapun masyarakat yang berada di bandar udara internasional dan akan melakukan penerbangan tetap akan dilayani oleh petugas imigrasi. Dirjen Imigrasi mengatakan, meskipun
sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun pada saat kedatangan. Untuk sementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor imigrasi hari ini untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa. Namun demikian, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal.

“Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” tutup Silmy.(*)


Kantor Imigrasi Batam Layani 628 Permohonan BAP Paspor Januari-Mei 2024

0
Kantor Imigrasi Batam Layani 628 Permohonan BAP Paspor Januari-Mei 2024

Batam, GK.com – Paspor adalah dokumen milik negara yang merupakan bukti identitas diri di luar tanah air. Pada umumnya paspor berisikan tentang identitas lengkap pemegang paspor yang meliputi foto, nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, serta tandatangan pemegang paspor tersebut.

Hal ini menjadi kewajiban pemilik paspor tersebut untuk menyimpan dan melindunginya dengan sebaik-baiknya, jangan sampai rusak atau bahkan hilang. Paspor dapat dilakukan penggantian sebelum habis masa berlakunya jika halaman paspor tersebut penuh, rusak berat atau hilang.

Terkait paspor hilang, paspor rusak, dan perubahan data paspor, pemohon jangan mendaftar menggunakan aplikasi M-Paspor, melainkan datang langsung dan berkonsultasi dengan petugas Imigrasi dengan membawa berkas lengkap dan salinan paspor lama ke bagian Layanan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) Kantor Imigrasi Batam Center pada jam layanan Senin-Jumat mulai jam 07.30 WIB. Layanan BAP Paspor saat ini hanya dapat dilakukan pada Kantor Imigrasi Batam Center, untuk Kantor Unit Layanan Paspor (ULP) Harbour Bay belum dapat melayani proses BAP Paspor.

Sepanjang periode Bulan Januari sampai dengan Bulan Mei 2024, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah melaksanakan Proses Permohonan Layanan BAP Paspor sebanyak 628 permohonan yang terdiri dari 425 permohonan BAP paspor hilang, 129 permohonan BAP paspor rusak, dan 74 permohonan BAP perubahan data paspor.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Paspor Republik Indonesia yang selanjutnya disebut Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada warga Negara Indonesia untuk melakukan perjalanan antar negara yang berlaku selama jangka waktu tertentu.

Maka dari itu dihimbau kepada masyarakat untuk menjaga paspornya sebaik mungkin karena paspor merupakan dokumen resmi negara yang mengandung identitas diri pemegangnya. Disarankan juga agar pemegang paspor mengarsipkan paspor miliknya, baik dalam bentuk foto, fotokopi maupun scan untuk mempermudah apabila terjadi hal yang tak diinginkan seperti paspor hilang.(*)

BP Batam Berbagi Daging Kurban

0
Melalui Badan Koordinasi Dakwah Islam (BKDI), BP Batam berhasil mengumpulkan 14 ekor sapi dan 12 ekor kambing sebagai hewan qurban.

Batam, GK.com – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) menunjukkan komitmennya dalam berbagi kebahagiaan di Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan menyelenggarakan pemotongan hewan qurban. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, (19/06/2024) di lapangan parkir Masjid BJ Habibie BP Batam, Batam Centre.

Melalui Badan Koordinasi Dakwah Islam (BKDI), BP Batam berhasil mengumpulkan 14 ekor sapi dan 12 ekor kambing sebagai hewan qurban. Hewan-hewan tersebut merupakan sumbangan dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal BP Batam.

“Alhamdulillah, tahun ini BP Batam kembali dapat melaksanakan pemotongan hewan qurban. Kami telah menerima titipan hewan qurban dari berbagai pihak, termasuk Kepala BP Batam, Bapak Muhammad Rudi, Wakil Kepala BP Batam, Bapak Purwiyanto, para Anggota Bidang, Ketua Umum PIKORI BP Batam, Ibu Marlin Agustina, serta seluruh pimpinan dan karyawan BP Batam,” ungkap Asep Lili Holilulloh, Ketua BKDI BP Batam sekaligus Direktur Peningkatan Kinerja dan Manajemen Risiko.

Selain dari internal, BP Batam juga menerima titipan hewan qurban dari mitra kerja seperti Bank Mandiri Batam Center, PT. Pos Indonesia Cabang Batam, PT Nusa Rizki, PT. Topson Digital Industri, Hotel Santika Batam, PT. Musim Mas Batam, dan PT. Air Batam.

Proses pemotongan hewan qurban ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan perayaan Idul Adha 1445 H yang telah dilaksanakan oleh BP Batam. Sebelumnya, BP Batam telah menggelar Sholat Idul Adha di Masjid Tanwirun Naja (Masjid Tanjak) dan Masjid Baitul Makmur Bukit Senyum, serta melepas rombongan jemaah haji BP Batam ke Tanah Suci.

Setelah disembelih, daging qurban akan segera didistribusikan kepada pihak-pihak yang berhak, termasuk karyawan outsourcing BP Batam, petugas kebersihan, imam dan marbot masjid-masjid BP Batam, masyarakat sekitar kantor BP Batam, serta masyarakat lainnya di Kota Batam yang membutuhkan.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan mempererat tali silaturahmi antara BP Batam dengan seluruh stakeholder,” tambah Asep.

BP Batam mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berharap agar semangat berbagi dapat terus ditingkatkan di masa mendatang.(*)

SMP Negeri 5 Tanjungpinang Semarakkan Idul Adha dengan Kurban 2 Ekor Sapi

0
SMP Negeri 5 Tanjungpinang Semarakkan Idul Adha dengan Kurban 2 Ekor Sapi

Tanjungpinang, GK.com — Dalam suasana Hari Raya Idul Adha 1445 H, SMP Negeri 5 Tanjungpinang turut merayakan pelaksanaan qurban dua ekor sapi di Lapangan Badminton Sekolah pada Selasa (18/06/2024). Acara yang dimulai dari pukul 07.30 WIB hingga 12.00 WIB itu, dalam pembukaannya dihadiri oleh Drs Teguh Ahmad Syafari selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang bersama jajaran pejabat terkait, Komite Sekolah, para Wali Murid, serta Guru dan Staf.


Disampaikan Kepala SMP Negeri 5 Afrizal, kegiatan qurban ini merupakan bagian dari syiar agama Islam, dan telah menjadi tradisi tahunan di Sekolah.

“Kami mengadakan kegiatan ini setiap tahun, dan hari ini bertepatan dengan cuti bersama, agar tidak mengganggu aktivitas belajar esok hari,” ujar Afrizal.


Tahun ini, kegiatan qurban diikuti oleh 14 orang yang telah mendaftar sejak tahun sebelumnya, dengan total biaya dua ekor sapi mencapai Rp 46.000.000,- dimana harga per sapi adalah Rp 23.000.000,-.

Ditambahkan Afrizal, pembayaran qurban dapat di cicil dan disesuaikan dengan harga pasar.


“Penyembelihan hewan qurban dilakukan secara profesional untuk memastikan prosesnya cepat dan sesuai syariat. Daging qurban kemudian dibagi menjadi tiga bagian: sepertiga untuk peserta qurban, sepertiga untuk siswa terpilih dari setiap Kelas yang berhak menerima, dan sepertiga lagi untuk panti asuhan serta warga sekitar yang membutuhkan,” terangnya.


Sebagai penutup acara, daging qurban juga akan di masak dan dinikmati bersama dalam doa syukur atas kelancaran ibadah qurban tahun ini.

Pada momen itu, Afrizal menghimbau seluruh warga Sekolah untuk terus berbagi dan berbuat amal.

“Semoga Allah SWT menerima qurban kita, dan memberkahi peserta dengan rezeki yang melimpah”. tutupnya dengan harapan agar tahun depan lebih banyak lagi yang mendaftar untuk berqurban. (Siska).

Dugaan Jual Beli Opini WTP Terbongkar, Kredibilitas BPK Tercoreng. Fokus di Kepri

0
RonnyWar, pengamat dari Kepulauan Riau ( FOTO Koleksi RonnyWar )

KEPRI, GK.COM – Integritas Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali dipertanyakan setelah terungkapnya dugaan praktik jual beli opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Tentunya kejadian ini memicu kekhawatiran publik terhadap kredibilitas BPK dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas keuangan Negara.

Mencuatnya kasus ini ke permukaan setelah bukti-bukti di pengadilan mengindikasikan adanya korupsi dalam proses audit yang melibatkan oknum-oknum di BPK dan Pemerintah Pusat.

Spekulasi muncul bahwa prestasi WTP yang diraih oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, serta Kota dan Kabupaten di wilayah Kepri mungkin tidak diperoleh dengan cara yang etis.

RonnyWar, seorang pengamat dari Kepulauan Riau menyatakan keprihatinannya atas situasi ini. Menurutnya, opini BPK tidak lagi dapat dianggap sebagai indikator yang akurat atas pengelolaan keuangan daerah yang sehat, jika ternyata diperoleh melalui praktik korupsi.


Kepada gerbangkepri.com, Selasa (18/06/2024), Dia mengatakan, “dominasi individu-individu dengan latar belakang politik di BPK, menurut bukti yang terungkap di pengadilan, beberapa dari mereka terlibat dalam praktik jual beli opini WTP,” ujarnya.

“Situasi ini semakin mengurangi kepercayaan publik terhadap lembaga tersebut. Kasus ini juga menjadi pengingat penting bagi BPK untuk melakukan reformasi internal secara menyeluruh. Mulai dari evaluasi menyeluruh terhadap proses rekrutmen anggota, pendidikan auditor, SOP, dan pengawasan internal yang perlu dilakukan untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap BPK,” ungkap RonnyWar menyoroti perihal tersebut.

“Kamrussamad, anggota Komisi XI DPR RI baru-baru ini juga menyerukan evaluasi menyeluruh terhadap BPK. Hal ini termasuk rekrutmen anggota, pendidikan auditor, SOP, dan pengawasan internal sebagai respons terhadap terungkapnya praktik jual beli opini WTP di persidangan yang melibatkan anak buah mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Masyarakat Kepulauan Riau berharap agar Aparat Penegak Hukum dapat menindaklanjuti dugaan ini dengan serius dan transparan. Reformasi BPK juga harus dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan untuk memastikan kredibilitas dan independensinya dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas keuangan Negara”. tutur RonnyWar. (red).

Gas Elpiji 3kg Langka, Pemuda Demokrat Soroti Kinerja Pemkab Karimun

0
Antrian Masyarkat Karimun saat pembelian Gas Elpiji 3 Kg beberapa waktu yang lalu. ( FOTO Doc : Pemuda demokrat Karimun)

Karimun, GK.com – Dewan Pimpinan Cabang Pemuda Demokrat Indonesia Karimun menyatakan keprihatinan mendalam terhadap kondisi kelangkaan gas elpiji 3kg yang terjadi di Kabupaten Karimun. Hal ini dikonfirmasi oleh pengurus organisasi tersebut dalam wawancara dengan media pada Sabtu (16/06/2024).


Dian Ihkwan S.IP, selaku Ketua DPC Pemuda Demokrat Karimun menyoroti persoalan yang masih berlangsung terkait kekurangan pasokan Gas 3Kg, meskipun Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) telah diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Karimun.


“Kami merasa bingung, sebelumnya Pemkab selalu menghubungkan masalah kelangkaan Gas LPG 3Kg dengan status SPBE yang belum beroperasi. Namun setelah diresmikan oleh Bupati, mengapa masalah pasokan gas masih berlanjut? Apakah pasokan Gas LPG 3Kg di Karimun masih harus bergantung pada pengisian dari Bintan?,” ujar Dian.


Baru-baru ini, Koperasi Departemen Perdagangan dan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan penjelasan bahwa kendala distribusi gas bukan disebabkan oleh kekurangan stok, melainkan akibat cuaca buruk dan kondisi silinder gas yang rusak. Alasan-alasan ini serupa dengan yang telah lama diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Karimun dalam menghadapi masalah kelangkaan gas yang berulang.


Persoalan tabung gas yang rusak menjadi salah satu titik perhatian utama, mengingat tabung-tabung tersebut masih beredar di masyarakat dan sempat memicu konflik antara masyarakat dengan agen distribusi terkait penanganannya. Selain itu, belum ada perbaikan signifikan pada infrastruktur distribusi gas LPG 3 Kg yang dapat mengantisipasi tantangan cuaca buruk.


DPC Pemuda Demokrat Indonesia Karimun mendesak Pemerintah untuk segera mencari solusi holistik dan jangka panjang atas masalah kelangkaan gas LPG 3Kg ini.

“Masalah ini telah berlarut-larut tanpa adanya solusi konkret. Bagaimana mungkin Karimun dapat berkembang menjadi daerah yang maju dan menarik investor, jika kebutuhan dasar seperti gas, listrik, dan air bersih tidak dapat terpenuhi dengan baik?”. tegas Dian Ihkwan. (*).