Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

260 Orang Tertipu Loker

Karimun, GK.com – Karena tergiur oleh lowongan kerja (Loker) di Perusahaan besar, 260 orang menjadi korban penipuan. Pelaku menawarkan seluruh korban nya agar bisa bekerja di PT Saipem Indonesia Karimun Branch (SIKB) dengan membayar sejumlah uang terlebih dahulu, yaitu sebesar Rp 1.600.000,-.

Mengenai hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind), melalui Kasi Penempatan dan Perluasan Kerja Dalam Negeri, Rahma Nurlita, SH mengatakan bahwa selama kurang lebih 4 tahun menjabat, ini baru pertama kali terjadi penipuan dengan uang.

“Karena sebelumnya hanya informasi terkait berita hoax yang didapatkan dan untuk penipuan loker ini perdana informasi yang kita dapatkan,” tutur Lita, Senin (06/12/2021) pukul 14.00 di tempat kerjanya

“Dengan adanya kejadian ini, untuk memastikan kembali kepada masyarakat mengenai Loker, masyarakat atau para pencari kerja bisa mendatangi kantor kita dalam mendapati kebenaran informasi. Kita welcome dan siap memberikan informasi yang akurat dan terpercaya kepada masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Hukum dan HAM Organisasi Masyarakat Persatuan Pemuda Meral (Ormas Pameral), Wahyu Prasetyo, SH.,MH menginformasikan bahwa para korban tersebut bukan saja berasal dari Tebing dan Meral (Karimun Besar) tetapi ada juga dari luar pulau Karimun seperti di Prayon (Tanjung Batu) sehingga perlunya himbauan kepada masyarakat untuk lebih selektif.

“Diharapkan kepada seluruh masyarakat agar lebih selektif dalam menerima loker dan perlunya support dari beberapa pihak terutama instansi yang berwenang,” ujarnya Prasetyo, melalui telepon seluler.

“Tentunya support dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) juga sangat penting diperlukan sebagai lembaga yang menyaring informasi yang berkaitan dengan adanya loker guna menghindari adanya kerugian bagi masyarakat yang sedang mencari pekerjaan”. pungkasnya. (RP).

Editor : Nur

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles