Beranda Hukrim MK Terima Gugatan Bersinar, KPU Karimun Siap Jalani Proses Sidang

MK Terima Gugatan Bersinar, KPU Karimun Siap Jalani Proses Sidang

487
0

Karimun, GK.com – Permohonan gugatan Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) yang dilayangkan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau nomor urut 02, Ing Iskandarsyah-Anwar Abubakar (Bersinar) telah diterima oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal tersebut tertuang pada akta registrasi MK, Senin (18/1) pukul 15.11 Wib, telah dicatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi Elektronik (e-BRPK) Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020, dengan registrasi perkara Nomor 68/PHP.BUP-XIX/2021.

Baca Juga :

Menanggapi hal tersebut, KPU Karimun, Eko Purwandoko menyebutkan telah siap menghadapi sidang gugatan terkait perselisihahan hasil Pilkada tersebut.
“Sejauh ini kami sudah siap, dan kami juga menerima gugatan oleh paslon Bersinar di MK,” ujar Eko Purwandoko, Kamis (21/1).

Sebagai pihak “termohon”, Eko menjelaskan pihaknya telah mempersiapkan diri dengan jawaban dan alat bukti guna menjelaskan apa yang akan didalilkan oleh pihak pemohon (Bersinar).

“Sejauh ini juga sudah kami pelajari alat-alat bukti dan mempersiapkan diri terkait apa yang akan diungkapkan oleh pihak Paslon yang menggugat,” sebutnya.

Selain itu, dalam Sidang yang akan digelar nantinya, pihak KPU juga telah mempersiapkan kuasa hukumnya tersendiri.

“Untuk Kuasa Hukum sudah ada dari Jakarta langsung, kawan-kawan dari KPU juga semalam sudah mulai merapat kesana,” terangnya.

Saat disinggung mengenai kemungkinan perubahan hasil dari keputusan KPU Karimun pada saat Pilkada kemarin, dirinya menyebutkan tetap akan mempertahankan hasil akhir pada saat keputusan lalu.

“Pada prinsipnya dari KPU akan tetap mempertahankan hasil keputusan kemarin, kecuali andai kata MK “berpandang lain” dan punya pendapat lain terhadap hasil akhir nanti”. tegasnya.

Sidang pemeriksaan pendahuluan terkait gugatan Perselisihan Hasil Pemilu (PHP) tersebut akan berlangsung pada 28 Januari 2021 mendatang.

Diketahui, pada saat perhelatan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Karimun, KPU Karimun telah menetapkan paslon “ARAH” Aunur Rafiq-Anwar Hasyim sebagai pemenang suara pada Pilkada tersebut.

Perolehan suara yang berhasil diraih paslon ARAH sebanyak 54.519 pemilih, sedangkan Paslon BERSINAR hanya mampu meraup suara sebesar 54.433 pemilih. Dengan total selisih sebanyak 86 suara. (Andre).

Editor : Febri