Beranda Hukrim Kejari Karimun Tahan 2 Tersangka Dugaan Korupsi PDAM Tirta Karimun

Kejari Karimun Tahan 2 Tersangka Dugaan Korupsi PDAM Tirta Karimun

1096
0

Karimun, GK.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau akhirnya menetapkan penahanan terhadap dua orang tersangka berinisial IS dan JS atas dugaan kasus korupsi di lingkungan Perusahaan Daerah Air Mineral (PDAM) Tirta Karimun.

Kepada Awak Media, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Karimun, Andriansyah menjelaskan bahwa, dimulai pada hari ini, Rabu (16/12) sampai 20 hari kedepan, kedua orang tersangka tersebut akan menjalani penahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Karimun.

“Untuk kedua orang tersangka ini, akan kita lakukan penahanan di Rutan Karimun selama 20 hari kedepan, untuk jabatan tersangka IS merupakan mantan Direktur di perusahaan tersebut, sementara JS sebagai mantan Kepala Bagian Keuangan,” jelasnya.

Berdasarkan temuan dan penelusuran yang dilakukan oleh Inspektorat Kabupaten Karimun, ditemukan total kerugian Negara dari kasus korupsi tersebut sebesar Rp 4,9 Miliar.

“Berdasarkan pengakuan tersangka sementara, uang sebanyak itu digunakan untuk keperluan pribadi. Untuk kedepannya, pihak kami akan melakukan pendalaman terkait masalah ini, apakah ada aliran uang kepada pihak-pihak yang lain,” ungkapnya.

“Sampai saat ini sudah ada 38 orang saksi yang kita periksa terkait permasalahan tersebut, kedua orang tersangka ini menarik uang tersebut setiap harinya hanya untuk kepentingan pribadi tanpa maksud dan alasan yang pasti,” lanjutnya.

Untuk kedua tersangka tersebut akan dikenakan pasal 2 ayat (1) Juncto pasal 3 Undang-Undang Tipikor, dengan ancaman kurungan maksimal 20 tahun penjara. (RC).

Editor : Febri