Beranda Hukrim Aktivitas PT. Inmas Sun Shine Dinilai Cemari Lingkungan

Aktivitas PT. Inmas Sun Shine Dinilai Cemari Lingkungan

486
0

Karimun, GK.com – Sejumlah Warga Kampung Baru Tebing RT01/RW03 mengeluhkan pencemaran udara dari cerobong asap pabrik minuman kaleng milik PT. Inmas Sun Shine yang berada di Jalan Pertambangan Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun.

Kepada Media ini, Rian (32) salah seorang warga yang terdampak langsung atas aktivitas pabrik tersebut mengatakan asap yang keluar dari pabrik menimbulkan aroma tak sedap dan debu hitam, hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan warga sekitar pabrik.

“Jadi kalau arah angin pas lagi ke arah sini, asap pabrik tidak hanya menyebabkan polusi udara, tapi juga mengeluarkan debu hitam, ditambah lagi dengan aroma limbah yang menyengat.

Pernafasan dan aktivitas kami sangat terganggu, hal ini berlangsung sekitar pukul 01.00 malam sampai 06.00 pagi,” terang Rian, Selasa (8/12) pagi.

Rian menyebutkan, seharusnya Pabrik pengalengan air sebesar ini sudah memiliki sistem pembuangan gas yang baik tanpa harus mencemari udara.

“Kami harapkan dari pihak pabrik pengalengan air ada tindakan cepat untuk mengatasi masalah ini, karena ini sangat mengganggu dan berimbas pada kesehatan warga,” harapnya.

Lurah Tebing, Andre Winarta.

Saat dikonfirmasi Media ini mengenai hal itu, Lurah Tebing, Andre Winarta mengatakan, dirinya telah menerima laporan yang sama terkait aktivitas PT. Inmas Sun Shine, dan dirinya sudah menelfon pihak pabrik untuk menanyakan solusi mengenai aktivitas pabrik yang mengganggu warga tersebut.

“Tadi pagi saya telah menerima laporan dari warga dan pak RT mengenai aktivitas PT. Inmas Sun Shine, sudah saya hubungi pihak pabrik untuk segera ditindaklanjuti keluhan warga ini”. kata Andre.

Dari pantauan Media ini, tak hanya pencemaran polusi udara yang ditimbulkan, namun pencemaran air laut juga terdampak, yang mana aliran pembuangan sisa aktivitas pabrik mengeluarkan bau tak sedap serta membuat air laut berminyak dan bewarna hitam. (RC).

Editor : Febri