Beranda Serba-Serbi Galeri Foto Dalam Musrenbang, Ketua DPRD Karimun Sampaikan Rincian Pokir Dan Hasil Reses

Dalam Musrenbang, Ketua DPRD Karimun Sampaikan Rincian Pokir Dan Hasil Reses

31
0

Karimun, GK.com – Ketua DPRD Kabupaten Karimun, M. Yusuf Sirat menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021, Rabu (11/3) di Gedung Nilam Sari sekitar pukul 09.00 Wib.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Karimun, M. Yusuf Sirat juga menyampaikan hasil Reses pertama yang telah dilaksanakan oleh anggota DPRD Karimun dihadapan Bupati Karimun dan para undangan lainnya yang hadir saat itu.

 

Ketua DPRD Karimun, M. Yusuf Sirat saat menyampaikan sambutannya

 

“Saya ucapkan selamat datang serta berterimakasih kepada Staf Ahli Kementerian Dalam Negeri, Bapak Agung, karena telah sudi datang menghadiri acara Musrenbang ini,” ucap Yusuf Sirat.

“Sebagaimana Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD Provinsi, Kabupaten atau Kota pada Pasal 54 yang menjelaskan bahwa, Badan Anggaran (Banggar) memberikan saran dan pendapat berupa Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) DPRD kepada Kepala Daerah, serta mempersiapkan anggaran DPRD sebelum peraturan Kepala Daerah tentang RKPD di tetapkan,” paparnya.

“Berdasarkan ketentuan itu, DPRD melalui Banggar melakukan penyusunan Pokir yang didapat dari hasil Reses anggota DPRD pada Tahun 2019-2020 masa Reses I,” terangnya.

 

Anggota DPRD Karimun yang hadir

 

Dikatakan Yusuf Sirat, Pokir yang disampaikan itu juga merupakan hasil dari penyampaian aspirasi masyarakat kepada Lembaga DPRD, baik dalam Ranperda umum, maupun penyampaian aspirasi.

“Pokir DPRD yang disampaikan merupakan skala prioritas melalui pembahasan Banggar, yang pengusulan awalnya telah didahului dengan dilakukan entri aplikasi DPRD, sehingga perlu adanya suatu kesepahaman antara DPRD bersama Pemerintah Daerah. Baik dalam sisi program, maupun sisi kegiatan dalam mencapai sasaran pada 1 Tahun anggaran,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Karimun itu juga  menyampaikan rincian Pokir dan hasil Reses seluruh Dapil anggota DPRD mulai dari Dapil 1 hingga ke Dapil 4.

“Hal ini diimplementasikan melalui peran DPRD sebagai Wakil Rakyat yang telah diamanahkan oleh Undang-Undang untuk menyampaikan aspirasi masyarakat melalui sistem perencanaan berintegritas yang telah direncanakan,” ujar Yusuf.

 

Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat membuka Musrenbang

 

“Pokir DPRD Kabupaten Karimun tentunya selaras dengan tema Musrenbang tahun ini, yaitu menetapkan pembangunan ideologi berbasis maritim yang maju dan berkelanjutan, pemberdayaan manusia yang berkualitas, pengembangan ekonomi kreatif, pemberdayaan masyarakat, pemerataan insfratruktur terutama bagi Kecamatan hasil pemekaran,” tuturnya.

“Peningkatan kewaspadaan dini terhadap berita Hoaks ditengah masyarakat yang dapat memecah belah hubungan antara masyarakat bersama Pemerintah Daerah ini juga merupakan bagian dari kegiatan prioritas yang harus dilakukan oleh Pemerintah kedepannya. Semoga kita diberi kekuatan dalam melaksanakan seluruh tugas-tugas dengan penuh keikhlasan dan penuh tanggungjawab”. tutup Yusuf.

Sementara itu, Bupati Karimun, H. Aunur Rafiq dikesempatan yang sama berharap melalui kegiatan Musrenbang ini kedepannya dapat lebih mensejahterakan masyarakat Kabupaten Karimun melalui program-program yang nantinya telah disusun secara baik. Salah satunya pembangunan infrastruktur, kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, listrik, serta pembangunan ekonomi kerakyatan yang harus lebih di prioritaskan. (KR).

Editor : Febri