Beranda Kepulauan Riau Batam DPRD Batam Sambut Baik Kunker DPRD Indramayu

DPRD Batam Sambut Baik Kunker DPRD Indramayu

57
0

Batam, GK.com – Komisi III DPRD Kota Batam bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam menerima Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Kabupaten Indramayu, yang beragendakan terkait peningkatan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) dalam restribusi pengelolaan sampah, serta Bank pembangunan daerah dan BUMN dalam program CSR, di Ruang Serbaguna DPRD Kota Batam, Selasa (03/03) sekitar pukul 10.00 Wib.

Dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Batam, Werton Panggabean, SH, MH itu, turut juga dihadiri oleh anggota Komisi III Drs, Zainal Arifin, Kasi Restribusi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam Lukman Hakim, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Indramayu Muhammad Solihin, dan para anggota DPRD Kabupaten Indramayu.

Ketua Komisi III DPRD Kota Batam, Werton Panggabean, dalam sambutannya mengatakan, Kota Batam merupakan Kota yang dikenal dengan industrinya yang memiliki banyak potensi, oleh karena itulah,  Pemerintah Kota Batam bersama DPRD Kota Batam akan menggenjot sektor pariwisata untuk meningkatkan PAD.

“Untuk APBD Batam pada tahun 2020 berjunlah Rp 3,013 Triliun, sedangkan PAD lebih kurang mencapai Rp 1,5 Triliun, sementara APBD kami diperuntukkan untuk pengembangan pembangunan insfrasruktur 32%, pendidikan 21,23%, kesehatan 13%, dan  belanja pegawai yang kecil,” paparnya.

“Oleh karena itu, kita lebih memfokuskan untuk menggenjot pengembangan pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan,” ucap Werton.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPC PKB Kabupaten Indramayu, Muhammad Solihin menyampaikan terimakasihnya atas diterimanya kedatangan Ia bersama rombongan  di DPRD Batam ini dengan baik,  dalam rangka  Kunker anggota DPRD Kabupaten Indramayu untuk belajar potensi yang ada di Kota Batam dalam hal peningkatan PAD terkait restribusi pengelolaan sampah, dan peran BUMN dalam program CSR untuk pengelolaan sampah.

“Saya harapkan para anggota DPRD Kabupaten Indramayu yang hadir berjumlah 13 orang ini dapat mendalami pelajaran apa yang bisa diambil hikmah dari diskusi dan sharing terkait potensi di Kota Batam,” kata Solihin.

Diwaktu yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Restribusi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Lukman Hakim menjelaskan, target PAD dalam restribusi pengelolaan sampah untuk Tahun 2020 ini mencapai Rp. 36 Miliar,  sedangkan pada Tahun 2019 lalu,  target PAD dari restribusi sampah sebesar Rp. 35 Miliar, namun yang tercapai hanya Rp. 33 Miliar lebih.

 

Baca Juga :

Gelar Aksi Unjuk Rasa, Pemko Dan DPRD Kota Batam Berkomitmen Mengakomodir Suara Buruh

 

“Kendala kita saat ini terdapat pada penagihan yang belum maksimal pada pelayanan di armada kami,  karena usia armada yang sudah lama juga, sehingga menjadi tanda tanya oleh masyarakat, bagaimana kami membayar, namun sampah kami tidak diangkut,” terang Lukman.

“Oleh karena itu, pada Tahun 2017 lalu, DLH Kota Batam membuat inovasi penagihan secara online, namun saat ini baru berjalan 35%. Sementara itu, penagihan secara online ini diciptakan pada tahun 2017 dan mulai berjalan pada tahun 2018,” ungkapnya.

Dijelaskan Lukman, untuk sistemnya membekalkan barcode dengan menempel di perumahan maupun di pelabuhan, tahun ini baru tertempel di 3 Kecamatan, sedangkan total titik objek di perumahan maupun pelabuhan terdapat 143 ribu, dan baru tertempel hanya 45 ribu.

“Tahun ini akan kita tempelkan kembali sebanyak 23 ribu, sementara itu, kelebihan aplikasi kita ini untuk menghindari petugas dan karcis palsu, dan Alhamdulillah, mulai dari tahun 2018 sampai tahun 2020 ini hasil dari barcode meningkat, dan untuk pembayarannya, DLH bekerjasama dengan Bank BRI dan Bank Riau”. tutup Lukman.

Diakhir acara, diberikan cinderamata dari Ketua Komisi III Werton Panggabean kepada Ketua DPC PKB Kabupaten Indramayu Muhammad Solihin. (KR).

Editor : Febri