Kamis, Februari 22, 2024
spot_img

Tambang Timah Ilegal di Lingga Diduga di Lindungi Oknum Aparat, Masyarakat Minta Kapolri Bersihkan

Lingga, GK.com – Penambangan timah ilegal di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau kembali marak. Para penambang diduga mendapat perlindungan dari oknum Aparat dan Pejabat Daerah. Hal ini membuat masyarakat geram dan mendesak Kapolri untuk mengambil tindakan tegas.

Pada Februari 2023 lalu, Polda Kepri telah mengungkap kasus penambangan timah ilegal di Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga. Lima orang di tangkap bersama Barang Bukti (BB) berupa mesin domfeng, mesin robin, pipa paralon, selang alkon, cangkul, dan ember berisi bijih timah. Mereka dijerat dengan UU No 3 tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batu bara, khususnya pasal 158. Penambangan timah harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk memiliki izin dan administrasi yang lengkap.



Namun, upaya penegakan hukum ini dinilai belum maksimal dan menyeluruh. Masih banyak penambang ilegal yang beroperasi tanpa mengindahkan dampaknya terhadap lingkungan dan masyarakat.

Salah seorang warga Lingga, yang enggan disebutkan namanya, meminta Kapolri untuk segera datang ke Lingga dan memberantas penambangan ilegal. Menurutnya, Aparat dan Pejabat setempat tidak boleh diam atau bahkan bersekongkol dengan para penambang.



“Ini adalah bentuk pengkhianatan terhadap Negara dan rakyat,” katanya dengan tegas.

Terkait hal ini, media gerbangkepri.com, samuderakepri.co.id, dan gerbang nusantara mencoba mengkonfirmasi hal ini kepada Kapolres Lingga AKBP Robby Topan Manusiwa S.IK dan Kasat Reskrim Lingga AKP Idris,S.E,Sy,M.H melalui Whatsapp. Kami ingin mengetahui :

– Apakah Bapak Kapolres Lingga sudah mengetahui adanya penambangan timah ilegal di wilayah yang bapak pimpin? Jika ya, sejak kapan dan apa langkah-langkah yang telah diambil untuk menghentikannya?

– Apakah Bapak Kapolres Lingga memiliki koordinasi dengan Polda Kepri dan Kapolri dalam menangani kasus penambangan timah ilegal di Lingga? Jika ya, bagaimana bentuk dan hasilnya? Jika tidak, mengapa tidak?



– Apakah Bapak Kapolres Lingga ada mendapat tekanan atau intervensi dari pihak-pihak tertentu yang terkait dengan penambangan timah ilegal di Lingga? Jika ya, siapa saja dan bagaimana sikapnya? Jika tidak, bagaimana bapak memastikan independensi dan profesionalisme dalam menjalankan tugas?

– Apakah Bapak Kapolres Lingga memiliki data dan bukti tentang pelaku, modus, lokasi, dan dampak dari penambangan timah ilegal di Lingga? Jika ya, dapatkah membagikannya kepada publik atau media? Jika tidak, apa kendalanya?

– Apakah Bapak Kapolres Lingga mendukung permintaan masyarakat Lingga agar Kapolri turun tangan dan memberantas penambangan timah ilegal di Lingga? Jika ya, apa harapannya? Jika tidak, apa alasannya?

Mohon ijin Pak, kami menunggu tanggapan bapak untuk pemberitaan kami. Terima kasih.

Sayangnya, hingga berita ini ditayangkan, kami belum mendapat balasan dari Kapolres Lingga maupun Kasat Reskrim Lingga. (Tim).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -