Jumat, Juli 26, 2024
spot_img

Piala Dunia U-17 Melebihi Ekspektasi FIFA

Nasional, Solo, GK.com – Gelaran Piala Dunia U-17 akan memasuki babak puncak Sabtu (2/12/2023) malam. Sejauh ini, antusiasme masyarakat Indonesia untuk menyaksikan pertandingan di empat stadion yang menjadi lokasi penyelenggaraan sangat tinggi. Bahkan, jumlah penonton yang hadir di stadion sudah melebihi ekspektasi FIFA.

Hal ini disampaikan oleh Hamdan Hamedan, Tenaga Ahli Kemenpora Bidang Diaspora dan Kepemudaan, di Information Center Piala Dunia U-17 Surakarta, Sabtu (2/12/2023). “Ini adalah Piala Dunia U-17 pertama yang kita selenggarakan dalam waktu yang sangat singkat, hanya empat atau lima bulan setelah kita mendapat keputusan resmi. Namun, kita lihat masyarakat Indonesia sangat tertarik dan bersemangat untuk datang ke stadion dan mendukung Piala Dunia U-17 ini,” ujar Hamdan.

Hamdan mengatakan bahwa rata-rata kehadiran penonton di empat stadion, yaitu Gelora Bung Tomo (Surabaya), Manahan (Solo), Si Jalak Harupat (Bandung), dan Jakarta International Stadium (JIS), sudah melampaui target FIFA. “Informasi terakhir yang kami terima, sudah ada lebih dari 500 ribu penonton yang menyaksikan pertandingan di seluruh stadion,” kata Hamdan.

Menurut laporan terakhir dari PSSI, rata-rata keterisian stadion di setiap pertandingan adalah sekitar 11.000 orang. “Padahal, target FIFA hanya 10.000 orang penonton. Jadi, kita sudah berhasil melewati target FIFA. Ini menunjukkan animo publik yang luar biasa,” tambah Hamdan.

Tidak hanya itu, FIFA juga menyatakan puas dan mengapresiasi kerja keras pemerintah Indonesia yang bersinergi dengan PSSI, Pemprov, dan Pemkot dalam menyelenggarakan Piala Dunia U-17 ini. FIFA juga memuji fasilitas, pelayanan medis, dan keramahtamahan masyarakat Indonesia. “Pada 14 November 2023, FIFA mengeluarkan pernyataan resmi yang memuji kinerja kita dalam menggelar acara ini. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan masyarakat Indonesia yang telah menyambut Piala Dunia U-17 dengan baik,” ungkap Hamdan.

Hamdan juga berbicara tentang penampilan Timnas Indonesia U-17 yang berhasil lolos ke babak 16 besar. Ia mengatakan bahwa salah satu indikator kesuksesan Piala Dunia U-17 adalah bagaimana timnas yang dibina bisa menjadi pemain profesional di masa depan. Ia berharap setidaknya setengah dari pemain U-17 bisa masuk ke tim senior Indonesia.

“Ada studi di Timnas Amerika Serikat yang menyebutkan bahwa hanya 30 persen pemain di U-17 yang akhirnya bisa bermain di tim senior di Amerika Serikat. Jadi, kita punya tantangan besar untuk melampaui angka itu. Semoga bisa 50 persen atau lebih dari pemain U-17 kita yang bisa menjadi pemain profesional dan bermain di Timnas Garuda Senior. Karena tujuan utama dari Piala Dunia U-17 adalah pengembangan pemain muda agar terus berkembang,” kata Hamdan.

Hamdan juga berharap bahwa kesuksesan ini bisa menjadi tiket bagi Indonesia untuk menyelenggarakan gelaran sepak bola lainnya, seperti Piala Dunia U-20 dan Piala Dunia Timnas senior. (John/TR/Elvira Inda Sari).

Editor : Ry

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink