Kamis, Februari 22, 2024
spot_img

Mengungkap Pelaku Penyelundupan Benih Lobster, Letkol Laut (P) Fery :  Biarkan Kami Bekerja Dulu

Batam, GK.com Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, SH,MM didampingi sejumlah Perwira Lanal Batam terima Audiensi dari team Media Digital Kepulauan Riau (MD Kepri) di Mako Lanal Batam, Rabu (22/06/2022).

Pada kesempatan itu, Ketua MD Kepri Benny Sikumbang menyampaikan bahwa kunjungan tersebut selain untuk audiensi juga sebagai penyambung silaturahmi yang baik antara Lanal Batam dengan Perusahaan Media.


“Kedatangan saya beserta team ke Lanal Batam ini tidak lain untuk silaturahmi bersama para pejabat TNI AL, sekaligus koordinasi terkait temuan informasi yang kita dapatkan di lapangan, berhubung temuan yang kita dapatkan merupakan hasil tangkapan dari Lanal tempo hari,” ungkap Benny Sikumbang.

Berfoto bersama


Menanggapi kunjungan dan temuan team MD Kepri tersebut, Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, SH,MM menyambut baik rombongan sekaligus mengapresiasi peran Media, khususnya MD Kepri yang telah ikut andil dan peduli terhadap situasi Bangsa saat ini, khususnya di Kota Batam.

“Terima kasih atas kehadirannya, sehingga kita dapat bertatap muka sekaligus meluruskan informasi miring yang berkembang selama ini di masyarakat,” sebut Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, SH,MM.

“Terkait penangkapan benih lobster tempo hari, kami melakukan penangkapan dan pelepasan benih lobster ke habitat asalnya telah memenuhi prosedur yang ada. Bahkan penghitungan jumlah lobster kita lakukan dengan teliti, yang mati juga kita ikut hitung, sehingga jumlah yang didapatkan mencapai 466 Ribu,” jelas Kolonel Laut (KH) Farid Maruf, SH,MM.

“Pada saat pengkapan dilakukan, saya langsung perintahkan anggota untuk memastikan secara rinci, apabila informasi tidak sesuai, maka kami akan repot. Begitu juga dengan pelepasan benih lobster di Pulau Abang, kita di saksikan juga oleh Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), yang mana mereka itu memang tugasnya,” tegasnya.

Sementara itu, Palaksa Lanal Batam Letkol Laut (P) Fery Anton S., M. Tr. Opsla yang ikut mendampingi Danlanal mengatakan, pihaknya saat ini sedang bekerja untuk mencari para pelaku penyelundupan tersebut.

“Biarkan kami bekerja dulu untuk mengungkap pelaku kejahatan ini, Danlanal juga telah mengeluarkan surat perintah tugas untuk segera melacak keberadaan pelaku, serta menangkap pelaku,” ujar Letkol Laut (P) Fery Anton S., M. Tr. Opsla.

“Kami tidak bisa bekerja sendirian, melainkan harus ada juga dukungan dari semua Stakeholder, termasuk Media sebagai penyambung informasi. Kami mengharapkan bantuan dari semua pihak jika menemukan informasi kejahatan di laut, maka jangan pernah takut untuk melaporkan kepada kami, dan kami akan menindaklanjuti laporan itu,” tambahnya.

Menyikapi pernyataan dari Letkol Laut (P) Fery Anton S., M. Tr. Opsla tersebut, Wakil Ketua MD Kepri Oki Purnama meminta kepastian rentang waktu yang dibutuhkan untuk mengungkapkan kejahatan penyelundupan benih lobster maupun kejahatan lainnya di bawah hukum TNI AL.

“Pastinya ada Estimasi waktunya, seperti yang saya sampaikan tadi, kami tidak bisa bekerja sendirian, dukung dan support kami”. jawab Letkol Laut (P) Fery Anton kembali.

Suasana saat audiensi berlangsung


Ditambahkan Bendahara MD Kepri Meydia Hendra Yani, dirinya mengungkapkan bahwa Media selalu memberikan support serta dukungan kepada Pemerintah, selama hal itu bernilai positif.

Turut hadir juga dalam Audensi tersebut, Pasops Lanal Batam Mayor Laut (P) Ahmad Sofyan dan Pasintel Lanal Batam Kapten Laut (P) Mugiyono. (MD Kepri).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -