Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Cyber Security Diharapkan Mampu Mengatasi Masalah Diera Digital

Batam, GK.com – Kawasan Nongsa Digital Park dijadikan pusat teknologi dengan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sejak Tahun 2020 lalu. Bertempat di kawasan Nongsa Cyber Security Course Nongsa Digital Park diresmikan, Selasa (17/05/2022).

Komisaris Utama Citra Mas Grup, Kris Wiluan menjelaskan bahwa fasilitas pendidikan Cyber Security merupakan upaya akselerasi pembentukan talenta-talenta digital di bidang keamanan Siber. Hal ini dilakukan karena pentingnya kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang keamanan Siber.

“Pada era digital saat ini perlunya kebutuhan akan ahli, pakar, maupun teknisi yang memiliki kompetensi di bidang keamanan Siber. Perlu akselerasi melalui berbagai pelatihan maupun program untuk penyiapan talenta digital bidang keamanan Siber,” ujar Kris Wiluan.

Sementara itu, Kepala BP Batam Muhammad Rudi menyambut baik fasilitas Cyber Security Course di Nongsa Digital Park tersebut. Dirinya memandang bahwa kompetensi di bidang keamanan Siber sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

“Maka di era digital saat ini, diperlukan adanya pengembangan Cyber Security yang bertujuan untuk melindungi sebuah perangkat, jaringan, program, dan data dari segala macam serangan digital yang berbahaya,” ungkap Muhammad Rudi.

Muhammad Rudi menambahkan, “bahwa kondisi ini tentunya membutuhkan SDM yang berkompeten di bidang keamanan Siber untuk menangkal dan mengatasi berbagai bentuk kejahatan di dunia maya,” jelasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Komisaris Perdagangan, Investasi dan Pendidikan Victoria, Australia untuk Kawasan Asia Tenggara Rebecca Hall, dirinya menyambut baik terlaksananya program Cyber Security di Nongsa Digital Park.

“Kami sangat senang bahwa program ini akan di mulai pada hari ini, dan kami dapat membantu mereka dalam pencapaian tersebut, salah satu hal terbaik dari proyek ini yaitu mencari solusi terbaik untuk mengantisipasi kejahatan dan serangan di era digital dengan mengikuti pelatihan keamanan Cyber atau teknologi”. pungkas Rebecca. (Ist).

Editor : Milla

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img