Beranda Serba-Serbi Galeri Foto Pemkab Bintan Usulkan 2 Rancangan Ranperda Kepada DPRD

Pemkab Bintan Usulkan 2 Rancangan Ranperda Kepada DPRD

54
0
Sidang Paripurna DPRD Bintan, Rabu (10/11/2021)

Bintan, GK.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan mengusulkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) sekaligus kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bintan.

Plt. Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat menyampaikan Ranperda dihadapan DPRD

Hal itu disampaikan langsung oleh Plt. Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat mengahdiri Sidang Paripurna yang digelar DPRD Bintan, Selasa (09/11/2021) sekitar pukul 13.30 Wib di Ruang Sidang Paripurna DPRD Bintan, dengan agenda Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA dan Rancangan PPAS APBD Bintan Tahun Anggaran 2022.

Anggota DPRD Bintan saat menghadiri Rapat Paripurna

Adapun yang disampaikan adalah, Ranperda tentang retribusi penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Ranperda perubahan nomenklatur tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung.

Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA

Dalam pidatonya, Roby menjelaskan, Ranperda ini diyakini akan membawa perbaikan ekonomi ke depannya, sebab akan menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Retribusi bagi TKA ini sebesar 100 Dolar Amerika atau setara Rp1,4 juta per bulannya. Kedepan setiap TKA sebagai tenaga ahli yang bekerja di Bintan wajib membayar retribusi 100 dolar per bulan. Potensi retribusi penggunaan TKA ini juga cukup besar bila direalisasikan. Sebab, TKA yang bekerja di Daerah Bintan cukup banyak,” jelas Roby.

Tamu Undangan

Kemudian, Roby juga menuturkan, untuk usulan Ranperda perubahan nomenklatur tentang retribusi persetujuan bangunan gedung tersebut diusulkan setelah disahkannya Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002.

Penyerahan Nota Kesepakatan KUA

“Yakni tentang bangunan gedung, penyelenggaraan bangunan gedung di Indonesia terkait dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yang kini telah diubah menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG)”. tuturnya.

Dengan apa yang telah disampaikan Plt. Bupati Bintan itu, pandangan umum fraksi-fraksi terhadap 2 Ranperda tersebut disetujui dan berharap dengan adanya kebijakan tersebut dapat memberikan kemajuan di Kabupaten Bintan. (RC).

Editor : Dina