Beranda Kesehatan BP Batam Perketat Prokes Covid-19 Jelang Arus Mudik Nataru

BP Batam Perketat Prokes Covid-19 Jelang Arus Mudik Nataru

39
0

Batam, GK.com – Kementerian Perhubungan telah memprediksikan adanya lonjakan penumpang yang menggunakan armada, baik angkutan udara maupun angkutan laut selama arus mudik hingga arus balik Natal dan Tahun Baru (Nataru), yaitu mulai dari tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Mengingat tingkat penyebaran Covid-19 yang belum surut, tentunya hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi Pemerintah Pusat dan Daerah, termasuk Badan Pengusahaan (BP) Batam selaku pengelola Bandar Udara Internasional Hang Nadim.

Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Dendi Gustinandar pada Selasa (14/12) kemarin, usai Rapat Persiapan Operasional Posko Terpadu Angkutan Udara Menyambut Perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 mengatakan, penting bagi masyarakat yang akan melangsungkan perjalanan dengan transportasi udara untuk memperhatikan protokol kesehatan dengan saksama.

Menurutnya, saat ini implementasi protokol kesehatan oleh masyarakat semakin mengalami penurunan. Hal ini berbanding terbalik dengan angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus melonjak naik.

“Beberapa Instansi sudah menyatakan kesiapannya untuk mengawal ketat pelaksanaan protokol kesehatan calon penumpang, seperti Polsek Kawasan Bandara Hang Nadim yang akan menurunkan seluruh personil keamanan selama 24 jam penuh, pihak KKP Bandara akan menambah 7 orang anggotanya untuk pemeriksaan dokumen kesehatan, dan pihak maskapai juga siap untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan,” jelas Dendi.

Dikatakan Dendi, meski BP Batam dan pihak lainnya telah menyiapkan posko pengamanan dan menambah jumlah personil kesehatan beserta keamanan, bila pengguna jasa transportasi tidak mengindahkan anjuran Pemerintah, maka fasilitas yang disediakan akan menjadi sia-sia.

Dendi menqmbahkan bahwa instruksi untuk mengawal ketat pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam rangka Nataru di Bandara Hang Nadim, sudah disampaikan oleh Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, kepada pengelola Bandara.

“Untuk itu, yang harus diperhatikan oleh calon penumpang, selain protokol kesehatan adalah datang lebih cepat 2 atau 3 jam sebelum jadwal penerbangan. Hal ini kami imbau guna mencegah kemungkinan terjadinya penumpukan saat mengantre di pintu keberangkatan dan menambah kenyamanan selama proses bepergian”. tutup Dendi. (Red/Hms).

Editor : Febri