Beranda Kepulauan Riau Anambas Satpol PP KKA Bersama Kodim 0318 Natuna/Tarempa Gelar Razia Masker

Satpol PP KKA Bersama Kodim 0318 Natuna/Tarempa Gelar Razia Masker

181
0

Anambas, GK.com – Dalam upaya untuk mencegah penularan Covid-19, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kodim 0318 Natuna/Tarempa gelar razia masker, Kamis (17/12) di Jalan Imam Bonjol, Tarempa.

Berdasarkan pantauan Awak Media ini, terdapat beberapa masyarakat yang masih tidak menggunakan masker, dan diberi hukuman berupa push up dan menyebutkan Pancasila. Meskipun hukuman dijalankan secara fisik dan sosial, masih ada salah satu masyarakat yang tidak terima saat ditindak oleh petugas.

“Kenapa saya ditindak ? Kan saya tidak pakai masker hanya dijalan, saya juga tidak ada berinteraksi dengan siapapun ketika saya tidak pakai masker,” ujar masyarakat tersebut.

Sementara itu, Kepala Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran Anambas, Zairin mengatakan bahwa hal itu sering terjadi ketika dilakukan razia masker di jalan.

“Kalau masyarakat yang menolak dirazia itu sering, tetapi tetap harus ditindak, karena dia melakukan pelanggaran protokol kesehatan, jika dia mematuhi kan tidak mungkin kami tindak,” ujarnya.

Zairin juga menjelaskan bahwa, razia ini sudah dilakukan sejak Perbup Nomor 43 Tahun 2020 ditetapkan. Tujuannya tentu agar masyarakat lebih menerapkan protokol kesehatan serta mencegah penyebaran Covid-19 di Anambas.

“Mulai dari tanggal 14 September kemarin hingga tanggal 15 Desember saja sudah ada 717 pelanggar protokol kesehatan yang didapati dari jalan maupun pasar, dan untuk toko-toko serta rumah makan sudah kami beri peringatan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan”. tutur Zairin.

Ia mengatakan untuk saat ini, jenis sanksi yang diberikan untuk pelanggar protokol kesehatan masih berupa sanksi sedang, yaitu push up, membersihkan fasilitas umum, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Namun, untuk toko-toko dan rumah makan, jika tidak mematuhi protokol kesehatan, maka izin usaha bisa dicabut. (FR).

Editor : Febri