Beranda Hukrim Dua Pelaku Penipuan Bermodus Pembayaran Tagihan Listrik Diringkus Satreskrim Karimun

Dua Pelaku Penipuan Bermodus Pembayaran Tagihan Listrik Diringkus Satreskrim Karimun

79
0

Karimun, GK.com – Satreskrim Karimun bersama dengan Kapolres Kabupaten Karimun berhasil menangkap Pelaku penipuan bermodus pembayaran tagihan listrik, pada Jum’at (02/10) sekitar pukul 14.00 Wib.

Kapolres Kabupaten Karimun, AKBP Muhammad Adenan AS menuturkan, penipuan berkedok pembayaran tagihan listrik ini dilakukan oleh pemilik Agen Pembayaran tagihan listrik, air, BPJS, dan pembayaran kredit berinisial N dan Y.

“Nama Agennya adalah Baran Rezeki, serta pelaku berinisial N dan Y tersebut merupakan sepasang suami istri,” ucap Adenan di Polres Karimun.

“Kami berkoordinasi dengan Manager PLN dan saat ini total korban berjumlah 92 Orang dari 2 bulan terakhir,” jelas Adenan.

Pelaku melakukan aksinya dengan cara memberikan struk tagihan listrik kepada korban, namun uang tagihan tersebut tidak dibayarkan ke pihak PLN.

“Pelaku memberikan tanda bukti berupa struk tagihan listrik yang tertulis bahwa pembayaran sudah lunas, namun para korban mengaku tetap ada surat peringatan pemutusan listrik dari PLN,” tuturnya.

Sementara itu, barang bukti yang diamankan oleh Satreskrim Karimun berupa satu unit komputer, satu buah kalkulator, satu buah buku tulis, uang tunai, dan struk berlogo Pos Indonesia.

“Ternyata, PT. Pos Indonesia tidak ada bekerjasama dengan Agen tersebut, dan dari hasil pengakuan pelaku, struk dengan logo PT. Pos Indonesia tersebut didapat dari tempat kerja lamanya”. tutupnya.

Saat ini, Pelaku dikenakan pasal 37 (8) penipuan, pasal 38 (2) tentang penggelapan, dan pasal 64 KUHP dengan ancaman 4 Tahun penjara. (FR).

Editor : Febri