Beranda Serba-Serbi Galeri Foto Kelurahan Bukit Cermin Menjadi Kampung Inspirasi Kampung Iklim

Kelurahan Bukit Cermin Menjadi Kampung Inspirasi Kampung Iklim

60
0
Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP saat mengunjungi salah satu stand Bazar "Pesona Anggrek" dari Pokdarwis Kelurahan Bukit Cermin.

Tanjungpinang, GK.com – Kampung Inspiratif Kampung Iklim dan Wisata Edukasi Tematik lingkungan yang ada di RW 6 Kelurahan Bukit Cermin, berhasil melaksanakan upaya Adaptasi, Mitigasi, dan Kelembagaan pengendalian perubahan Iklim menuju terwujudnya Smart City di Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP menandatangani peresmian Kampung Inspiratif Kampung Iklim dan Wisata Edukasi Tematik Lingkungan menuju Smart City.

Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP mengapresiasi terbentuknya kegiatan yang dilaksanakan di RW 6 Jalan Borobudur, Kelurahan Bukit Cermin itu.

SMPN 15 saat ikut berpartisipasi sebagai satu-satunya Sekolah yang peduli terhadap pengendalian perubahan iklim dan menampilkan hasil kreasi daur ulang anak-anak.

Dengan penuh semangat Rahma mengatakan, “saya merasa bangga atas Inovasi dan prestasi yang telah diraih oleh Kelurahan Bukit Cermin, khususnya bagi warga RW 6 ini. Dengan diresmikannya Kampung Inspiratif Kampung Iklim ini tentunya dapat mengedukasi lingkungan untuk menjadi sebuah karya wisata edukasi tematik, serta bisa mengendalikan perubahan iklim. Diantaranya Area tanpa asap knalpot (Carfreeday), tukar anggrek dengan sampah melalui Bank sampah, serta rumah kompos,” kata Rahma, Rabu (22/9).

Penyerahan buku Bank Sampah kepada PDAM Tirta Kepri

Pada kesempatan itu, Rahma sangat bersyukur atas pencapaian Kelurahan Bukit Cermin, menurutnya, kesuksesan ini dapat terlaksana tentunya atas dukungan dari warga dan masyarakat.

Penyerahan bantuan kepada Bank Sampah Berani Maju RW 6 dari PDAM Tirta Kepri

“Tanpa didukung penuh dari warga sekitar, maka semua ini tidak akan bisa tercapai. Artinya semua ini tidak terlepas dari sinergi yang luar biasa antara Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Lurah Bukit Cermin bersama Pokdarwis dan warga sekitar,” ujar Rahma.

Ia juga mengatakan bahwa, ini merupakan bukti nyata atas kerja keras yang telah dilakukan selama ini. Bahwa Kampung Inspiratif Kampung Iklim RW 6 Kelurahan Bukit Cermin mendapatkan penilaian terbaik se- Sumatera.

Walikota Tanjungpinang memberikan penghargaan kepada PDAM Tirta Kepri yang telah mendukung pengendalian lingkungan.

“Saya berharap ini terus berkelanjutan, dan mudah-mudahan menjadi inspirasi buat Kelurahan lain untuk meraih prestasi, serta turut menjadi inspirasi untuk semua warga yang ada di Kota Tanjungpinang,” harapnya.

Walikota Tanjungpinang menyerahkan bantuan dari PDAM Tirta Kepri kepada Ketua Bank Sampah Berani Maju RW 6.

Rahma juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mensukseskan program Bank Sampah di Kota Tanjungpinang.

“Mulai hari ini mari kita giatkan untuk menguraikan sampah yang ada di rumah kita, dan dapat menukarkan sampah yang sesuai kriteria dengan sesuatu yang lebih bermanfaat melalui Bank Sampah yang ada di Kota Tanjungpinang,” ajak Rahma.

Penyampaian kata sambutan dari Camat Tanjungpinang Barat, Muhammad Yatim, S.Sos, MT dan Lurah Bukit Cermin, Nidia W. Selayar, SH., MH.

Sementara itu, Lurah Bukit Cermin, Nidia W Selayar, SH, MH melaporkan bahwa kegiatan ini juga memberikan inspirasi, edukasi, dan motivasi dalam upaya adaptasi, mitigasi dan Kelembagaan pengendalian iklim, berbagi inovasi dan kerjasama kemitraan telah dibangun dengan berbagai pihak tentunya, melalui semangat kegotongroyongan maupun memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

Salah satu anggrek hasil penangkaran anggrek yang dilakukan oleh Pokdarwis Cermin Indah.

“Keberhasilan Kampung Inspiratif Kampung Iklim ini telah dibuktikan melalui Sistem Registrasi Nasional (SRN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019 dan 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 17 September lalu, dimana menurut Tim Verifikator Nasional Proklim RW 6 atau Proklim Anggrek merupakan Proklim Perkotaan terbaik se- Sumatera,” tuturnya.

Salah satu stand Bazar yang menyediakan barang daur ulang yang berasal dari limbah/sampah.

Sedangkan wisata edukasi kami sedang mengembangkan Tanaman Anggrek yang merupakan filosofi RW 6 yang dikenal dengan Kampung Anggrek, sehingga kami mengangkat pesona anggrek menjadi brand Kelurahan Bukit Cermin”. pungkas Nidia. (Red/Hms).

Editor : Febri