Beranda Pariwisata Tingkatkan Sektor Pariwisata yang Hampir Vakum, Disbudpar Tanjungpinang Gelar Pelatihan Manajemen

Tingkatkan Sektor Pariwisata yang Hampir Vakum, Disbudpar Tanjungpinang Gelar Pelatihan Manajemen

103
0

Tanjungpinang, GK.com – Nyaris semua bentuk bisnis pariwisata di Kota Tanjungpinang pada masa pandemi Covid-19 ini mati suri. Hotel, Resort, Wisma hingga Home Stay terdampak langsung akibat virus mematikan ini.

Terkait hal ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan Pelatihan Manajemen Home Stay 2020 di CK Hotel Tanjungpinang, yang mana pada acara tersebut turut dihadiri oleh Kadisbudpar Tanjungpinang Drs. Surjadi MT, Plt Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP, Direktur Politeknik Bintan Cakrawala Rd. Rita Ritasari, ST.Par, MM, serta diikuti oleh sebanyak 40 orang Peserta dari perwakilan pemilik Home Stay yang ada di Kota Tanjungpinang.

Kadisbudpar Kota Tanjungpinang, Surjadi dikesempatan itu megatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna meningkatkan sektor ekonomi di bidang pariwisata Kota Tanjungpinang serta memperkenalkan alternatif untuk menginap selain di Hotel.

“Jadi selama 3 bulan ini, pemilik Home Stay akan dibimbing oleh pihak Politeknik Bintan Cakrawala, dengan harapan adanya perubahan dalam meningkatkan sektor ekonomi di bidang pariwisata,” ujar Surjadi.

Disampaikan Surjadi, pada masa pandemi seperti ini memang banyak yang harus diperbaiki, karena beragam kegiatan yang sebelumnya telah direncanakan, hampir tidak terlaksana.

Sementara itu, Plt Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, “sambil menunggu Covid-19 berlalu, pengelola Home Stay, perlu mempersiapkan diri untuk menyambut masa-masa pasca Covid-19, yakni dengan cara mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM),” katanya.

“Kita sempat optmis di awal tahun 2020, Home Stay yang ada di Tanjungpinang akan kebanjiran tamu, seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dan melihat kecenderungan Wisatawan memilih Home Stay sebagai tempat menginap selain Hotel, namun pandemi merubah segalanya,” lanjutnya.

Rahma meminta kepada para pengelola Home Stay harus punya keyakinan suatu saat nanti sektor bisnis di bidang pariwisata ini akan kembali bangkit.

“Dengan adanya pelatihan ini, harapan terbesar saya tentunya semua sektor pariwisata dapat kembali bangkit,” harap Rahma.

“Saya yakin nanti kita akan kembali dengan semangat dan management yang baru, sehingga mulai sekarang kita harus dapat mempersiapkan diri untuk masa-masa pasca pandemi Covid-19″. tutup Rahma, Selasa (11/8) pukul 10.56 Wib. (FK).

Editor : Febri