Beranda Hukrim Dalam RDP, PT. PJB Ngotot Memiliki IMB, Tedy Nuh : Data...

Dalam RDP, PT. PJB Ngotot Memiliki IMB, Tedy Nuh : Data yang Memiliki IMB Cuma PT PJK

138
0

BATAM, GK.com – Komisi I DPRD Kota Batam menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP)  terkait alih fungsi lahan fasum hijau Perumahan Happy Garden yang dikuasai oleh PT. Putra Jaya Bintan (PJB), Kamis (4/6).

Dalam RDP yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Budi Mardianto, SE itu, pemilik dari perusahaan PT. PJB  tidak datang menghadiri RDP tersebut, dan hanya dikuasakan oleh Bistok Nadeak selaku perwakilan dari PT. PJB.

Bistok menjelaskan, berdasarkan sesuai dengan data berhubung habis nya UWTO (Uang Wajib Tahunan Otorita) yang berakhir di Tahun 2018, kemudian PT PJB mengajukan perpanjangan UWTO kembali ke Otorita Batam, dan suratnya dikeluarkan pada Tahun 2019. Selanjutnya, PT. PJK membayar UWTO selama 20 Tahun kedepan. Artinya sampai Tahun 2038, dengan total luas 3.995,87 m² bersertifikat HGB yang diperuntukkan untuk komersial, jasa dan perdagangan.

Dikesempatan yang sama, perwakilan Kepala Perencanaan Kebijakan Strategis dan Direktorat Sementara itu, Pengelolaan Lahan BP Batam mengungkapkan, “kita akan menyesuaikan dokumen yang sudah terbit faktur terkait dengan nilai lahan untuk komersil. Artinya akan dilakukan perubahan penyesuaian data yang mengacu kepada dokumen yang sudah terbit. Kita meyakini adanya kekeliruan dalam penetapan nilai disini,” tuturnya.

Untuk diketahui, lahan seluas 3.995,87 m² tersebut belum termasuk lahan penghijauan. Dan jumlah untuk lahan penghijauannya adalah kurang lebih sekitar 1.769,60 m², kemudian untuk lahan komersil seluas 2.226,27 m².

Sementara itu, mengenai lahan yang saat ini sudah dilakukan pemagaran dan siap dibangun, Dinas PMPTSP menegaskan bahwa, lahan tersebut belum memiliki perizinan atau belum mendaftarkan IMB kepada PTSP.

“PT PJK (Putra Jaya Kundur) dan PT PJB (Putra Jaya Bintan) ini tidak memiliki IMB pada lokasi tersebut. Kami cuma melihat data yang memiliki IMB yaitu PT PJK yang berada di Kelurahan Teluk Kering, Batam Kota”. tegas Tedy Nuh, selaku Kabid IMB DPM-PTSP.

Turut hadir dalam RDP tersebut  diantaranya, Dinas Perkim Pemko Batam, Dinas Pertanahan, Camat Lubuk Baja, Lurah Batu Selicin, Ketua RT 01, 02, 03, 04, dan Ketua RW 09 komplek Happy Garden, serta anggota  Komisi I DPRD Batam. (RD).

Editor : Milla