Beranda Hukrim Ditpam BP Batam Grebek Tambang Pasir Ilegal di Tembesi

Ditpam BP Batam Grebek Tambang Pasir Ilegal di Tembesi

79
0

Batam, GK.com – Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusaha (BP) Batam melaksanakan Patroli rutin di KelurahanTembesi, Minggu (31/5) pukul 13.00 Wib.

Dalam pelaksanaannya, Ditpam BP Batam yang saat itu didampingi oleh Fasling BP Batam Hadjad W dan Kasubid Pengamanan Lingkungan dan Hutan Tony Febry, berhasil menggerebek salah satu tempat penambangan pasir ilegal yang berlokasi di Tembesi.

Dikesempatan itu, Kasubid Pengamanan Lingkungan dan Hutan, Tony Febry mengungkapkan bahwa, Ditpam BP Batam selama penelusuran telah mengumpulkan alat-alat yang diduga milik para penambang.

“Terdapat lima titik tambang pasir yang berada di lokasi. Dari hasil patrol ini kita juga berhasil mengamankan beberapa barang bukti alat-alat tambang yang digunakan para penambang untuk melakukan aksi ilegalnya tersebut, namun para penambang berhasil melarikan diri saat aksinya telah diketahui oleh anggota Ditpam BP Batam,” tutur Tony.

Adapun beberapa barang bukti dari tambang ilegal yang diamankan oleh Ditpam BP Batam, antara lain 1 unit alat berat Beko, 5 unit mesin diesel penyedot air dan pasir, 1 unit mobil Dumptruck pengangkut pasir dan beberapa buah instalasi pipa paralon.

Selanjutnya, Fasling BP Batam Hadjad W menambahkan, dampak dari aksi yang dilakukan oleh penambang ilegal tersebut adalah merusak lingkungan dan waduk penampungan, seperti berkurangnya kapasitas tampungan air waduk dan menyebabkan dangkalnya kedalaman air.

“Dari hasil yang terlihat, dampak dari penambang illegal ini mengalami kerusakan lahan mencapai luaskurang lebih 5 hektar yang menyebabkan kerugian besar dari aspek lingkungan dan tampungan waduk di Kota Batam, hal ini harus diperhatikan bersama, guna menyelamatkan lingkungan dan ekonomi di Batam”. Pungkas Hadjad. (RD).

Editor : Febri