Beranda Kesehatan Jelang Perayaan Tahun Baru, Rustam Himbau Kebiasaan Buruk Muda-Mudi

Jelang Perayaan Tahun Baru, Rustam Himbau Kebiasaan Buruk Muda-Mudi

108
0

Tanjungpinang, GK.com – Menjelang pergantian Tahun, biasanya para muda-mudi merayakan dengan berbagaimacam acara, seperti berkumpul bersama keluarga, merayakan dengan teman, ataupun merayakan bersama pasangan.

Selain berkumpul, biasanya perayaan di tengan malam itu dimanfaatkan dengan menginap di sebuah penginapan. Mengingat hal itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadinkesdalduk dan KB) Kota Tanjungpinang, Rustam menghimbau kepada semua masyarakat untuk berhati-hati dan dapat menahan diri dari segala hal seksual, agar tidak terjerumus pada seks bebas dan terkena HIV/AIDS.

Biasanya kondisi HIV/AIDS ditandai dengan munculnya penyakit lain, seperti kanker dan berbagai infeksi yang muncul seiring dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

“Pemerintah telah memberikan edukasi dan penyuluhan terkait hal tersebut, untuk penanganannya, pastikan pengobatan berjalan berkesinambungan,” kata Rustam.

“Untuk hal itu, kita dapat menghindari penyakit tersebut, seperti Apstinen atau berpuasa dengan tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah, dan setia pada satu pasangan, itu adalah cara agar terhindar dari penyakit tersebut,” jelas Rustam.

Disampaikan Rustam, dari hasil data yang didapat, yang di temui lebih banyak terkena adalah orang dewasa, namun tidak bisa dipungkiri apabila pada saat mereka remaja sudah terkena penyakit tersebut, tetapi belum berefek.

“Pada tahun 2019 ini, pengidap penyakit HIV lebih meningkat, dan setiap tahunnya mampu memakan korban sekitar 25 orang”. pungkas Rustam. (MA).

Editor : Febri