Beranda Kepulauan Riau Batam BPHTB Menjadi Sektor Unggulan Dalam Membantu Capaian Target PAD dan APBD Kota...

BPHTB Menjadi Sektor Unggulan Dalam Membantu Capaian Target PAD dan APBD Kota Batam

102
0
?

Batam, GK.com – Pemerintah Kota Batam gelar kegiatan silaturahmi bersama para pihak yang selama ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Hotel Planet, Batam, Kamis (23/7) pukul 09.00 Wib.

Dalam kegiatan silaturahmi tersebut, dihadiri oleh Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT)/INI Kota Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam, Real Estate Indonesia (REI) Batam, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam, Kantor Pelayanan Pajak (KKP) Pratama Batam, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Batam, serta jajaran Stakeholder terkait.

Ketua Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah dalam sambutannya menyampaikan rencananya kedepan dalam meningkatkan BPHTB untuk pembangunan Kota Batam dan meningkatkan pelayanan kepadamasyarakat.

“Untuk BPHTB Tahun 2019, kami menargetkan sebesar 380 milyar, Tahun 2018 realisasi kita diangka 297 milyar, hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan yang cukup signifikan dari Tahun 2017 dengan hanya 198 milyar,”ucap Azman.

“Dari data yang kami miliki, BPHTB merupakan penyumbang terbesar untuk pajak di Kota Batam, kita coba membandingkan kondisi semester pertama untuk realiasasi BPHTB Tahun 2018-2019 yang cukup variatif, sementara itu, pada bulan JuniTahun 2019 pemasukan dari BPHTB hanya diangka 13,3milyar, sedangkan Juni Tahun 2018  lebih tinggi, tetapi ini pergerakan perbulan,” terangnya.

Dikatakan Raja Azmansyah, dinamika peningkatan itu tentunya tergantung dari kondisi ekonomi Makro ataupun Mikro.

“Dari data yang kami miliki tadi, kami sampaikan BPHTB adalah penyumbang 28% dari target PAD, sedangkan terhadap target Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yaitu sebesar 13%,” kata Azman.

Disampaikan Azman, BP2RD terusberusahadalammemberi kemudahan-kemudahan terhadap pelayanan masyarakat, salah satunya seperti yang sedang dikembangkannya, yaitu Quick Response (QR) Code, memberi suatu kepastian bahwadokumen yang dikeluarkan dari timnya adalah dokumen yang sah dan sudah terkoneksi di sistem.

Dikesempatan itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, S.Sos, M.Si, yang hadir mewakili Wali Kota Batam mengatakan, seluruh pemangku kepentingan yang berkontribusi dalam capaian BPHTB adalah pahlawan bagi Kota Batam.

“Seperti yang dipaparkan oleh Ketua BP2RD tadi, BPHTB menjadi sektor unggulan dari 5 sektor penyumbang terbesar untuk Pajak Daerah Kota Batam,yang kita harapkan kedepannya, sector ini tidak hanya memainkanperan yang strategis saja, akan tetapi juga bisa berkontribusi secara signifikan, idealnya meningkat dari waktu ke waktu”.pungkas Amsakar. (RG).

Editor : Febri