Selasa, Oktober 22, 2024
spot_img

Pemilihan Ketua OSIM MAN Tanjungpinang Seru Bak Pemilu

Tanjungpinang, GK.com – Suasana Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjungpinang hari Rabu (16/10/2024) terasa berbeda. Para siswa tampak antusias mengikuti Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) periode 2024-2025 yang digelar layaknya pemilihan umum (pemilu) sungguhan. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, pemilihan kali ini dilengkapi dengan berbagai atribut pendukung pemilu, seperti daftar hadir, bilik suara, kotak suara, papan penghitungan, surat suara, petugas pemilu, dan tinta.

Fasilitas tersebut dipinjamkan langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ruang kelas XI disulap menjadi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Sebanyak 3 pasangan calon (paslon) bertarung memperebutkan kursi kepemimpinan OSIM, salah satunya berasal dari kelas X.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Nurbaiti, S.Sos., menjelaskan bahwa pemilihan Ketua OSIM tahun ini sengaja dirancang semirip mungkin dengan pemilu. “Tahun ini kita mengadakan pemilihan ketua OSIM seperti layaknya pemilu. Petugas TPS-nya diambil dari kelas XI,” ujar Nurbaiti.

Persiapan dilaksanakan selama kurang lebih 1 minggu, dimulai dengan mengundang narasumber dari KPU untuk memberikan penjelasan mengenai proses dan tata cara pemilu. Selanjutnya, dilakukan penentuan petugas TPS, simulasi, kampanye penyampaian visi misi oleh 3 paslon, dan debat.

“TPS-nya terdiri atas 6 TPS. Untuk pemilihnya oleh seluruh warga MAN. Untuk 3 paslon yang terpilih itu sudah melalui tahapan seleksi. Yaitu dilihat dari pengalaman, tata tertib paslon selama belajar, absensi, akhlak, dan juga dilihat dari prestasi belajar setiap paslon,” tambah Nurbaiti.

Kepala Madrasah, Ulfah Ismiati, S.Pd., M.M., menyampaikan bahwa pemilihan Ketua OSIM diundur hingga bulan Oktober karena padatnya kegiatan sekolah dan agar beriringan dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alaamin (P5RA).

“Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari kurikulum merdeka yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dan karakter positif pada siswa serta membekali siswa dengan keterampilan hidup yang berguna untuk masa depan,” jelas Ulfah.

Ulfah berharap agar paslon yang terpilih dapat menjalankan roda organisasi OSIM dengan penuh tanggungjawab dan menjadi pribadi yang berkarakter (akhlakul karimah).

“Wujudkan MAN Tanjungpinang yang semakin maju, nasionalis, taqwa dan prestasi (MANTAP). Buatlah target agar setiap program kerja yang dirancang dapat dirasakan dampaknya oleh semua warga sekolah,” pesan Ulfah.

Ia optimis MAN Tanjungpinang akan semakin maju sesuai dengan moto madrasah “Madrasah Maju Bermutu Mendunia” dan menjadi sekolah tujuan bagi masyarakat. (SISKA)

Related Articles

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img