Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

PDSI BP Batam Gelar FGD tentang Peran Pusat Data Pasca Bencana

Batam, GK.com – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) melalui divisi Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) baru-baru ini mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Peran Pusat Data dalam Keberlanjutan dan Pemulihan Pasca Bencana”. Acara ini berlangsung di Novotel Palembang-Hotel & Residence pada tanggal 16 Mei 2024, menarik lebih dari 50 peserta dari Dinas Komunikasi dan Informatika se-Sumatera Selatan.

FGD ini menampilkan pembicara Chairul Akbar Hutasuhut, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Pusat BSSN, dan Siswanto, Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang. Aidi Purnawan, Kepala UPTB Pusat Pengelolaan Informasi dan Aplikasi Pendapatan Bapenda Sumatera Selatan, juga hadir untuk memberikan testimoni sebagai pengguna awal layanan Data Center BP Batam.

Sylvia J. Malaihollo, Kepala PDSI BP Batam, mengungkapkan bahwa ekspansi ke Sumatera Selatan bertujuan untuk memperluas jangkauan layanan Data Center kepada calon pengguna di luar Provinsi Kepulauan Riau. Ini sejalan dengan dukungan BP Batam terhadap implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018.

Data Center BP Batam dirancang untuk memenuhi kebutuhan SPBE, menyediakan fasilitas yang stabil untuk penempatan, penyimpanan, pengolahan, dan pemulihan data. Keunggulan utama Data Center ini adalah lokasinya yang stabil secara geologis dan berada di luar zona ring of fire, menjamin keamanan dari bencana alam.

Sylvia menambahkan bahwa saat ini, pengguna Data Center BP Batam terdiri dari instansi pemerintah pusat dan daerah (59%), perusahaan swasta dan ISP (31%), serta perguruan tinggi (10%). Layanan yang ditawarkan meliputi Colocation, Virtual Private Server, dan Managed Service.

BP Batam telah mendapatkan Sertifikasi Internasional Uptime Tier 3 by Design, yang memungkinkannya menjadi bagian dari ekosistem Pusat Data Nasional (PDN) dan Pusat Komputasi Daerah. Sebagai bagian dari komitmen ini, BP Batam akan terus meningkatkan fasilitas dan layanannya untuk mendukung ekosistem pusat data nasional dan penyelenggaraan SPBE.

Sylvia berharap FGD ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para peserta tentang pentingnya data center dalam proses administrasi dan keberlanjutan pemerintahan.(*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img