Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Ombudsman Pantau Persiapan Mudik Lebaran 2024

Batam, GK.com – Ombudsman Pantau Persiapan Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Pelni Batu Ampar dan Bandara Hang Nadim

Pada Rabu, 3 April 2024, Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) melakukan pemantauan persiapan arus mudik Lebaran Idul Fitri Tahun 2024 di Pelabuhan Pelni Batu Ampar serta Bandara Hang Nadim / Bandara Internasional Batam (BIB). Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kepri, Dr. Lagat Siadari, menyatakan bahwa ini merupakan agenda tahunan untuk memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik saat melakukan mudik.

Berikut beberapa catatan dari pemantauan:

  1. Pelabuhan Pelni Batu Ampar:
    • Tidak ada perubahan signifikan terhadap catatan yang telah diberikan Ombudsman RI Perwakilan Kepri kepada pengelola pelabuhan, yaitu BP Batam pada tahun lalu.
    • Pelabuhan ini tidak dirancang untuk penumpang, sehingga memenuhi standar pelayanan minimal sesuai dengan Kementerian Perhubungan pun tidak. Meskipun demikian, penting untuk mengurangi penderitaan masyarakat dengan pemenuhan sarana prasarana yang nyaman.
    • Catatan Ombudsman meliputi perlunya penambahan tenda dan pendingin untuk ruang tunggu, serta penambahan WC portable.
    • Meskipun ada klinik yang dijaga oleh 10 personel kesehatan, serta adanya 2 mobil ambulance, pelayanan bea cukai, dan x-ray yang berfungsi, masih ada kekurangan dalam hal WC portable untuk melayani penumpang yang belum puncak mudik.
    • Ombudsman mengapresiasi upaya peningkatan pelayanan, namun sarana prasarana yang lebih baik masih diperlukan agar masyarakat merasa nyaman.
  2. Bandara Hang Nadim / BIB:
    • Meskipun sedang dilakukan renovasi, Ombudsman tidak menemukan catatan yang berarti terkait mobilitas penumpang.
    • Ombudsman meminta PT BIB sebagai pengelola bandara untuk melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait di Bandara Hang Nadim agar pelayanan dapat berjalan dengan baik.
    • Penting untuk menjaga kualitas pelayanan agar sesuai dengan standar internasional, terutama karena ini merupakan bandara internasional.

Ombudsman RI Perwakilan Kepri akan terus memantau pelaksanaan arus mudik lebaran tahun 2024 dan mengajak masyarakat untuk turut mengawasi. Jika ada keluhan terkait penyelenggaraan pelabuhan atau bandara, masyarakat dapat melaporkannya kepada Ombudsman RI Perwakilan Kepri melalui WA Pengaduan di 08119813737. (*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles