Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Pentingnya Kepatuhan Dan Keamanan Dalam Pengisian BBM di Karimun

Karimun, GK.com – Dalam upaya untuk memastikan keamanan dan kepatuhan pada regulasi yang berlaku, terdapat aturan khusus terkait pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) menggunakan drum dan pekab di beberapa wilayah, termasuk di Karimun.

Kapolres Karimun Fadli Agus menjelaskan bahwa beberapa wilayah telah melarang pengisian BBM dengan drum guna menghindari risiko keamanan, serta penyalahgunaan BBM bersubsidi. Namun, dalam konteks tertentu, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) diizinkan melayani pengisian BBM menggunakan drum bagi pihak yang telah mendapatkan rekomendasi resmi dari Dinas Perhubungan sebagai agen atau pengecer, terutama untuk kebutuhan nelayan. Hal ini bertujuan untuk memastikan keberlangsungan kegiatan nelayan tanpa mengabaikan aspek keamanan dan kepatuhan.

Kapolres Karimun, Fadli Agus menekankan pentingnya kepatuhan pada peraturan yang berlaku, serta menjunjung tinggi keselamatan dalam proses pengisian dan pengangkutan BBM. Beliau juga menyoroti perlunya penggunaan drum dan pekab sesuai dengan standar keamanan yang telah ditetapkan, guna menghindari kemungkinan kecelakaan atau insiden yang tidak diinginkan.

Dalam menghadapi masa-masa penting seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kapolres Karimun mengimbau agar SPBU lebih mengutamakan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan, serta memastikan ketersediaan bahan bakar agar tidak sampai terjadi kelangkaan. Selain itu, masyarakat pengguna jalan juga dihimbau untuk mematuhi aturan dan antrian yang berlaku saat melakukan pembelian BBM, guna menjaga kelancaran proses transaksi dan menghindari penyalahgunaan yang dapat merugikan masyarakat secara keseluruhan.

“Agar SPBU lebih mengutamakan penjualan terhadap masyarakat pengguna jalan agar tidak sampai kehabisan bahan bakar, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H di Kabupaten Karimun,” ujar Fadli Agus, Kamis (04/04/2024).

“Kepada masyarakat pengguna jalan yang melakukan pembelian BBM dihimbau untuk secara tertib atau antri agar semua dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu, harapan agar terkait BBM saat ini agar tidak ada yang menyalahgunakan penjualan BBM (selalu mematuhi ketentuan yang berlaku) untuk menghindari hal hal yang dapat merugikan masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun,”. tegasnya.

Dengan demikian, kepatuhan pada aturan, keselamatan dalam proses pengisian BBM, dan kerjasama semua pihak merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga kesejahteraan dan keamanan bersama, terutama di wilayah Kabupaten Karimun. (Tim)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles