Sabtu, Juli 13, 2024
spot_img

Baznas Kepri Catat Kenaikan Pengumpulan ZIS 113 Persen

KEPRI, GK.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau mencatat prestasi memukau pada tahun 2023. Lembaga yang mengelola zakat, infak, dan sedekah (ZIS) serta dana sosial keagamaan lainnya (DSKL) ini berhasil meningkatkan pengumpulan dana secara signifikan.

Dana ZIS dan DSKL yang terkumpul sepanjang tahun 2023 mencapai Rp9.375.583.789, atau naik 113 persen dibandingkan tahun 2022 yang hanya Rp4.397.800.993. Dana Zakat Maal Perorangan menjadi sumber utama dengan menyumbang 90 persen dari total dana, yaitu Rp8.405.517.858.

Kenaikan ini dipengaruhi oleh adanya Peraturan Gubernur Nomor 54 Tahun 2021 dan Surat Edaran Gubernur Tahun 2022 tentang Optimalisasi ZIS. Kedua aturan ini mendorong keterlibatan masyarakat dan instansi pemerintah dalam membayar dan mengumpulkan ZIS. Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Dinas Pendidikan menjadi instansi yang paling berkontribusi dengan menyumbang 45 persen dari total pengumpulan.

Pengumpulan dana ZIS dan DSKL juga mengalami kenaikan selama bulan Ramadhan 1444 H, yaitu sebesar 34 persen, dengan jumlah Rp1.581.060.295. Hal ini menunjukkan antusiasme dan kesadaran masyarakat untuk berbagi dan bersedekah di bulan suci.

Prestasi Baznas Kepri tidak hanya sampai di situ. Pada acara Baznas Awards 2024 yang diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Baznas RI ke-23, Baznas Kepri berhasil meraih tiga penghargaan bergengsi. Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Daerah Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik Tingkat Provinsi. Baznas Kepri sendiri mendapatkan penghargaan sebagai Pengumpul Zakat Terbaik tahun 2023 tingkat provinsi dan juga Koordinasi Terbaik Antar Lembaga Tingkat Provinsi.

Baznas Kepri berkomitmen untuk terus meningkatkan pengumpulan ZIS, dengan tujuan untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat. Keberhasilan ini juga menjadi bukti bahwa zakat adalah instrumen yang dapat memperkuat solidaritas sosial di Kepulauan Riau.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengucapkan terima kasih kepada Baznas RI yang telah memberikan penghargaan ini. Ia juga mengapresiasi kinerja Baznas Provinsi Kepri yang telah berperan dalam mensejahterakan masyarakat dan mendukung pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan umat.

“Semoga ke depan program di Baznas Provinsi Kepri semakin maju, semakin inovatif, dan semakin bermanfaat untuk seluruh umat di Provinsi Kepri,” kata Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyatakan harapan dan dukungan kepada Baznas RI untuk terus meningkatkan peran dan fungsi zakat sebagai instrumen ekonomi syariah yang dapat memberdayakan masyarakat dan mengurangi kesenjangan sosial. (*)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img