Kamis, Juni 20, 2024
spot_img

Literasi Digital Jadi Kunci Batam Menuju Kota Modern

Batam, GK.com – Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengajak masyarakat Batam untuk meningkatkan kecakapan digital melalui literasi digital. Hal ini penting untuk menghadapi tantangan dan peluang di era digital, seiring dengan pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan untuk menjadikan Batam kota modern.

Muhammad Rudi menyampaikan hal ini saat menghadiri acara Literasi Digital bertema Digital Marketing Strategy in Political Years, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Sinarmas Group, di Palm Springs Golf, Rabu (21/2/2024).

Menurutnya, literasi digital dapat membantu masyarakat Batam untuk memanfaatkan internet secara produktif, aman, dan positif. Ia mencontohkan, dengan literasi digital, masyarakat dapat menghindari dan menangkal konten-konten negatif seperti hoaks, yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di Batam.

“Kita harus bersama-sama menjaga Batam dari berita hoaks, apalagi di tahun-tahun politik. Kita harus membanjiri ruang digital dengan konten positif yang menunjukkan kemajuan dan prestasi Batam,” ujar Muhammad Rudi.

Muhammad Rudi juga mengapresiasi upaya pemerintah pusat dan swasta dalam mendukung gerakan literasi digital di Batam. Ia berharap, dengan adanya literasi digital, masyarakat Batam dapat lebih cakap dalam menggunakan internet untuk berbagai keperluan, seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, dan bisnis.

Salah satu manfaat internet yang ingin ditingkatkan oleh Muhammad Rudi adalah untuk mengembangkan UMKM di Batam. Ia berpesan, agar UMKM di Batam dapat on boarding ke platform e-commerce, sehingga dapat meningkatkan omset, pasar, dan kualitas produknya.

“Internet bisa memberikan nilai tambah bagi UMKM di Batam, jika kita tahu cara memanfaatkannya dengan baik. Saya harap, UMKM di Batam bisa naik kelas dengan bantuan internet,” tutur Muhammad Rudi.

Muhammad Rudi menambahkan, pembangunan infrastruktur di Batam, khususnya di Kecamatan Nongsa, terus dikebut untuk menciptakan kota modern yang nyaman dan berkualitas. Ia mengatakan, pembangunan jalan lima lajur di Nongsa akan segera rampung, dan akan diikuti dengan pembangunan fasilitas publik lainnya.

“Kita ingin Batam menjadi kota modern yang tidak hanya maju secara fisik, tapi juga secara digital. Kita ingin Batam menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia, bahkan di dunia,” pungkas Muhammad Rudi. (***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img