Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Siswa SMAN 4 Tanjungpinang Pamerkan Kreativitas di Gelar Karya P5

Tanjungpinang, GK.com – SMA Negeri 4 Tanjungpinang mengadakan gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Selasa (20/2/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolah tersebut. Seluruh siswa kelas 10 berpartisipasi dalam gelar karya P5 dengan menampilkan karya-karya mereka yang berkaitan dengan tema kearifan lokal, gaya hidup berkelanjutan, dan kewirausahaan.

Kepala SMAN 4 Tanjungpinang, Nursanti, S.Pd, M.Si, mengatakan bahwa gelar karya P5 bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. “Kami ingin siswa kami mampu mengembangkan ide-ide yang bermanfaat bagi diri mereka sendiri dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Salah satu karya yang menarik perhatian adalah pertunjukan tradisi malam berinai yang menggambarkan kearifan lokal budaya Melayu. Siswa juga menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dengan membuat usaha penanggulangan sampah, seperti pengolahan sampah plastik menjadi tas, dompet, dan kerajinan lainnya. Selain itu, siswa juga menampilkan kewirausahaan dengan mengolah produk berbahan dasar gonggong, salah satu makanan khas Tanjungpinang, dan membuat pupuk organik dari limbah sayuran.

Gelar karya P5 juga diisi dengan drama musikal yang mengintegrasikan ketiga tema tersebut. Layyana Monefa, salah satu siswa kelas 10 4 yang menjadi penyair dan asisten sutradara drama, mengaku senang dan bangga bisa berpartisipasi dalam gelar karya P5. “Ini adalah kesempatan bagi kami untuk mengekspresikan diri dan menunjukkan potensi kami di bidang seni dan budaya,” katanya.

Nursanti berharap bahwa gelar karya P5 tidak hanya menjadi ajang pameran semata, tetapi juga menjadi sarana pembentukan karakter dan budi pekerti siswa. “Kami menginginkan siswa kami memiliki profil Pancasila yang mencerminkan nilai-nilai keimanan, kemuiaan, keberagaman, kemandirian, gotong royong, kreativitas, dan kritis,” tuturnya. (GK/LRS)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles