Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Sosialisasi Perda Pajak dan Retribusi Daerah di Tanjungpinang

Tanjungpinang, GK.com – Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Tanjungpinang menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pelaku usaha tentang perubahan peraturan perpajakan yang berlaku di kota tersebut.

Kepala BPPRD Kota Tanjungpinang, Said Alvie, S.E, menjelaskan bahwa sosialisasi ini penting dilakukan karena ada perbedaan antara Perda yang lama dan yang baru. Perda yang lama terdiri dari dua Perda terpisah, yaitu Perda Pajak Daerah dan Perda Retribusi Daerah. Sedangkan Perda yang baru menggabungkan kedua Perda tersebut menjadi satu Perda.

“Perubahan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah, yang mengamanatkan pemerintah daerah untuk menyederhanakan administrasi perpajakan,” ujar Said Alvie di Trans Convention Center, Senin (19/2/2024).

Sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 200 pelaku usaha dari berbagai bidang, seperti restoran, hotel, UMKM, hiburan, perbankan, dan lain-lain. Acara ini dibuka oleh Pj. Walikota Tanjungpinang, dan diisi oleh materi dari Said Alvie dan Dira Ensyadewa, Perencana Ahli Muda Ditjen Bina Keuda Kemendagri. Peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi tentang Perda yang baru.

Said Alvie berharap, dengan adanya sosialisasi ini, para pelaku usaha dapat memahami dan mematuhi Perda yang baru. Ia mengatakan, Perda yang baru ini memberikan manfaat bagi pelaku usaha, seperti menghindari duplikasi pemungutan pajak, meningkatkan efisiensi biaya, dan memudahkan dalam memenuhi kewajiban perpajakan.

“Saya mengimbau kepada seluruh pelaku usaha di Kota Tanjungpinang untuk mendukung Perda yang baru ini, karena ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. ( LRS )

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles