Kamis, Februari 22, 2024
spot_img

Rutan Tanjungpinang Siapkan 247 Warga Binaan untuk Pemilu 2024

Tanjungpinang, GK.com – Rutan Kelas 1 Tanjungpinang telah menyiapkan sebanyak 247 warga binaan untuk mengikuti Pemilu serentak 2024. Mereka telah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan akan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus yang di sediakan oleh Rutan.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Dedy Win Hernadi menerangkan, proses pendataan DPT masih berlangsung hingga 7 Februari 2024. Ia juga mengatakan bahwa Rutan terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena jumlah warga binaan yang dinamis.


“Ada yang masuk, keluar, atau pindah. Jadi kita harus selalu update data DPT kita,” ujar Dedy, Senin (05/02/2024).

Sementara, Kepala Subseksi Bantuan Hukum dan Penyuluhan Rahmadi Romi menambahkan, ada DPT tambahan yang harus memenuhi syarat memiliki identitas lengkap seperti KTP. Ia juga mengatakan bahwa ada warga binaan dari luar Tanjungpinang yang hanya bisa memilih Presiden.

“Karena mereka tidak punya hak pilih untuk DPR, DPD, atau DPRD di daerah asal mereka,” ungkap Rahmadi.

Rahmadi juga menjelaskan bahwa Rutan telah menyiapkan TPS khusus dengan nomor 901, anggota KPPS dari petugas Rutan, dan tim keamanan sesuai dengan standar Rutan. Ia berharap Pemilu bisa berjalan lancar dan aman.

“Kami berkomitmen untuk memberikan hak pilih kepada warga binaan sesuai dengan undang-undang. Kami harap mereka bisa menggunakan hak pilihnya secara langsung dan bijak,” ucap Rahmadi.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mematuhi peraturan dan undang-undang agar menjadi warga Negara yang baik, mari menjauhi tindak kriminal, dan bijak dalam menggunakan Media Sosial,” pesan Dedy.

“Apalagi sekarang ada UU ITE yang bisa menjerat pelanggar. Jadi kita harus hati-hati dalam berkomunikasi di Media Sosial”. tutup Dedy. (Laras).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -