Kamis, Februari 22, 2024
spot_img

Upacara Dan Aksi Menarik Warnai HUT TNI ke- 78

Tanjungpinang, GK.com – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Provinsi Kepulauan Riau berlangsung meriah dan penuh semangat.

Upacara tersebut digelar di Pelataran Tugu Sirih, Tanjungpinang, pada Kamis (05/10/2023) dengan dihadiri oleh Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad dan sejumlah pejabat daerah lainnya.

Upacara di pimpin oleh Kaskogabwilhan I Mayjen TNI Rifky Nawawi yang mewakili Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Inspektur upacara. Sementara untuk Komandan Upacara adalah Letkol Laut (P) Hanny Chandra yang memimpin pasukan dari tiga matra TNI, Polri, Satpol-PP, organisasi kepemudaan, dan pelajar Pramuka.

Dalam sambutannya, Panglima TNI melalui Kaskogabwilhan I menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh prajurit TNI yang telah berdedikasi, loyal, dan berprestasi dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. Panglima TNI juga menekankan tema HUT TNI tahun ini yaitu, “TNI PATRIOT NKRI, PENGAWAL DEMOKRASI UNTUK INDONESIA MAJU.”

Tema yang menunjukkan komitmen TNI untuk bersinergi dengan seluruh elemen Bangsa dalam mengawal demokrasi untuk mencapai Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju, dan sejahtera.

Panglima TNI juga memberikan beberapa pesan penting kepada para prajurit TNI, antara lain meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan, menjaga kemanunggalan dengan rakyat, netralitas dalam pemilu, kerjasama dengan komponen bangsa lainnya, dan menjaga nama baik TNI. Semua ini sebagai wujud dari sistem pertahanan keamanan rakyat semesta untuk menjaga kedaulatan Negara.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengungkapkan harapannya untuk TNI, agar dapat terus meningkatkan profesionalisme, modernitas, dan ketangguhannya dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

“Kita berharap agar TNI terus menjadi penjaga NKRI dan terus bisa memastikan keamanan terlebih di wilayah Kepri yang berbatasan langsung dengan negara luar, semoga TNI semakin profesional”. ujar Gubernur Ansar.

Upacara HUT TNI di Provinsi Kepri juga disertai dengan aksi defile pasukan, aksi bela diri dari prajurit marinir, aksi terjun payung, dan aksi pembebasan sandera. (***).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -