Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Kepunahan Pohon Langka Kepayang di Pulau Jemaja, Anambas

Anambas, GK.com – Pulau Jemaja adalah salah satu pulau di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Pulau ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk hutan tropis yang menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna langka.

Salah satu tumbuhan langka yang tumbuh di pulau ini adalah pohon kepayang (Pangium Edule).

Sayangnya, pohon kepayang di Pulau Jemaja terancam punah akibat penebangan liar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Penebangan liar ini merusak ekosistem hutan dan mengurangi populasi pohon kepayang yang sudah langka. Selain itu, penebangan liar juga mengancam kehidupan masyarakat sekitar yang bergantung pada hasil hutan untuk mata pencaharian mereka.

“Oleh karena itu, sebagai warga Pulau Jemaja, kita harus bersama-sama menjaga dan melindungi hutan dan pohon kepayang dari ancaman kepunahan. Kita harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti Polisi Hutan, Kepala Desa, Camat, dan Pemerintah Daerah untuk mencegah dan menindak pelaku penebangan liar. Kita juga harus meningkatkan kesadaran dan pengetahuan kita tentang pentingnya pelestarian hutan dan pohon kepayang bagi lingkungan dan kesejahteraan kita,” ujar Antoni, salah satu warga Pulau Jemaja.

“Hutan dan pohon kepayang adalah anugerah terindah dari Allah SWT yang harus kita syukuri dan rawat dengan baik. Mari kita jaga warisan alam kita agar tidak punah dan dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang”. tegas Antoni. (RP).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles