Minggu, Juni 16, 2024
spot_img

Dewi Ansar Kunjungi Rumah Singgah UPTD PPA Batam

Batam, GK.com – Dalam rangka mendukung dan memahami kondisi perempuan dan anak di Kepulauan Riau, khususnya di Kota Batam, Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar, mengunjungi Rumah Singgah UPTD PPA Provinsi Kepri Cabang Kota Batam yang berlokasi di Komplek Koperasi Sekawan Pemerintah Kota Batam pada hari Rabu (4/10).
Kunjungan ini juga dimaksudkan untuk menangani peningkatan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di kota tersebut.

Rumah Singgah UPTD PPA Provinsi Kepri Cabang Kota Batam yang telah beroperasi selama 3 tahun ini telah menjadi tempat perlindungan bagi ratusan korban kekerasan perempuan dan anak. Hanya pada tahun 2023 ini, rumah singgah ini telah menampung 111 korban kekerasan.
UPTD PPA Provinsi Kepri memberikan berbagai jenis layanan kepada korban kekerasan perempuan dan anak, antara lain pengaduan masyarakat, penjangkauan korban, pengelolaan kasus, penampungan sementara, mediasi, dan pendampingan korban.
“Saya berharap melalui langkah-langkah ini, kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kepri dapat berkurang, sehingga tercipta lingkungan yang aman dan kondusif bagi para perempuan dan anak di Kepri,” ujar Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga menekankan pentingnya sosialisasi tentang pola asuh terhadap anak, yang melibatkan ibu-ibu dasawisma, para pengurus PKK dan para orangtua yang memiliki anak.
UPTD PPA di Batam mampu memberikan pelayanan lengkap terhadap korban kekerasan perempuan dan anak, termasuk pendampingan korban oleh psikolog, serta memberikan tempat tinggal bagi korban yang membutuhkan.
Selain itu, UPTD PPA di Batam juga menjadi lokasi pendampingan korban kasus di Batam. Oleh karena itu ia mengharapkan shelter di Batam dapat memberikan pelayanan yang menyeluruh kepada korban kekerasan perempuan dan anak.

“Saya ingin menegaskan betapa pentingnya sosialisasi pola asuh terhadap anak karena dapat meningkatkan kesadaran orang tua akan hak-hak anak dan mengharapkan shelter di Batam dapat memberikan pelayanan yang komprehensif kepada korban kekerasan perempuan dan anak. Selain itu, upaya optimalisasi peran UPTD PPA diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak-hak perempuan dan anak,” katanya.
Dewi Ansar menunjukkan komitmen kuat dalam memastikan perlindungan yang lebih baik bagi perempuan dan anak-anak di Kepulauan Riau, khususnya di Kota Batam dengan kehadirannya dalam kunjungan ini.

Dewi Ansar juga mengajak para perempuan di Kepri untuk bersama-sama berjuang untuk mencegah kasus kekerasan serupa dimasa depan.
Hadir dalam kunjungan ini, Kepala UPTD PPA Kepri Herman, Kepala dan Pendamping UPTD PPA Kepri Cabang Batam Tetmawati Lubis, para pengurus UPTD PPA Kepri dan para pengurus UPTD PPA Batam. (***)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img