Rabu, April 24, 2024
spot_img

Aplikasi ABE, Inovasi Persuratan Terbaru dari Kemenkumham RI

Batam, GK.com – Aplikasi Administrasi Bersurat Elektronik (ABE) resmi diluncurkan oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, pada acara ulang tahun Kemenkumham RI dan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-78 pada Senin, 21 Agustus 2023. Aplikasi ini adalah aplikasi persuratan terbaru yang dibuat oleh tim IT Kemenkumham RI sejak tahun 2021. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan yang lebih baik dari aplikasi Sistem Surat Masuk dan Surat Keluar (Sisumaker) yang sudah digunakan sejak 8 Januari 2018.

Untuk memperkenalkan aplikasi ABE kepada para pegawai, Kepala Pusat Data dan Informasi Sekretariat Jendral (Kapusdatin Setjen) mengadakan sosialisasi secara daring siang ini. Sosialisasi ini diikuti oleh para pegawai tata usaha dan pegawai yang bertanggung jawab terhadap administrasi persuratan disetiap bidang. Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menjelaskan cara menggunakan aplikasi ABE dan manfaatnya bagi manajemen persuratan di lingkungan Kemenkumham RI.

Aplikasi ABE adalah aplikasi yang dapat memudahkan proses persuratan di lingkungan Kemenkumham RI. Aplikasi ini dapat membuat persuratan menjadi terpusat, terintegrasi, dan dapat berbagi pakai. Dengan aplikasi ini, para pegawai dapat mengirim dan menerima surat secara elektronik dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini juga dapat menghemat kertas, tinta, dan biaya pengiriman surat.

Semua pegawai di lingkungan Kemenkumham RI, termasuk seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, harus mencoba menggunakan aplikasi ABE mulai hari ini (22/08/2023). Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi persuratan di lingkungan Kemenkumham RI.(rls)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles