Sabtu, Juli 27, 2024
spot_img

BU SPAM BP Batam Tingkatkan Pelayanan Air Bersih di Daerah Tinggi

Batam, GK.com – Untuk memastikan masyarakat mendapatkan air bersih yang cukup, Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) BP Batam terus melakukan upaya peningkatan pelayanan. Salah satunya adalah dengan membangun jaringan pipa baru yang dapat mengalirkan air ke daerah-daerah yang memiliki ketinggian tanah (elevasi) tinggi. Jaringan pipa baru ini berdiameter 200 mm dan akan dibangun di dua kawasan, yaitu Sagulung Baru dan Tiban.

Proyek ini merupakan bagian dari arahan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, yang menginginkan pelayanan dan ketersediaan air bersih di Kota Batam semakin baik. Menurut Direktur Badan Usaha SPAM BP Batam, Denny Tondano, jaringan pipa baru ini akan meningkatkan kapasitas dan tekanan air yang selama ini kurang sampai ke daerah-daerah tinggi.

“Kita ingin memastikan semua warga Batam dapat menikmati air bersih yang sehat dan berkualitas. Karena itu, kita perlu memperkuat jaringan kita agar air dapat mengalir dengan lancar ke daerah-daerah yang sulit dijangkau,” kata Denny saat meninjau lokasi proyek di Tiban, Selasa (15/8/2023).

Di kawasan Tiban, jaringan pipa baru sepanjang 2,2 kilometer ini akan menghubungkan Dam Sei Harapan Sekupang dengan wilayah Patam Lestari, Perumahan Woodland, Perumahan Cipta Green Mansion dan sekitarnya. Selain itu, BU SPAM BP Batam juga akan menambah Instalasi Pengelolaan Air (IPA) baru berkapasitas 20 lpd untuk memperbesar suplai air.

Sementara itu, di kawasan Sagulung Baru, jaringan pipa baru sepanjang 2,4 kilometer ini akan mempersingkat jarak dari pipa utama ke daerah-daerah tinggi di Sagulung Baru, Seibinti dan Seilekop. Dengan demikian, suplai air akan lebih cepat dan stabil. Apalagi, BU SPAM BP Batam juga akan mengoperasikan IPA 350 yang berkapasitas 350 lpd pada September mendatang.

Denny mengatakan, proyek penguatan jaringan ini diperkirakan selesai dalam satu bulan. Setelah itu, BU SPAM BP Batam akan melanjutkan pekerjaan serupa di daerah Sumberindo, Central Park dan sekitarnya.

“Kami berharap dengan adanya proyek ini, masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung. Kami juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan air bersih secara bijak dan hemat,” tutup Denny. (rls)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -Seedbacklink