Rabu, April 24, 2024
spot_img

Gubernur Kepri Ajak Menteri Singapura Jelajahi Pulau Penyengat, Upaya Gaet Wisatawan Negeri Jiran

KEPRI, GK.com – Pulau Penyengat, salah satu destinasi wisata sejarah di Kepulauan Riau (Kepri), mendapat kunjungan istimewa dari Menteri Singapura Mohamad Maliki Osman dan rombongannya, Jum’at (11/08). Mereka diajak Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad untuk berkeliling pulau yang menjadi pusat Kesultanan Riau Lingga pada abad ke-19 itu.

Dengan mengendarai becak motor, Gubernur Ansar memandu Menteri Maliki dan Istri, Sadiah Shahal, serta pejabat lainnya untuk mengunjungi beberapa situs bersejarah yang ada di Pulau Penyengat. Selama kurang lebih dua jam, mereka mendapat penjelasan tentang latar belakang dan peran penting pulau tersebut dalam sejarah Nusantara dari Raja Malik Hamzah, seorang budayawan Kepri yang juga keturunan raja-raja Penyengat.

Salah satu situs yang dikunjungi adalah Komplek Makam Raja Hamidah (Engku Putri), yang merupakan Permaisuri Sultan Mahmud Syah III. Di komplek ini juga terdapat makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, yang dikenal sebagai penulis Gurindam 12, salah satu karya sastra Melayu klasik yang terkenal.

Selain itu, rombongan juga berkunjung ke Komplek Makam Pahlawan Nasional lainnya, yaitu Raja Haji Fisabilillah, Yang Dipertuan Muda Riau IV, yang gugur dalam pertempuran melawan Belanda di Malaka. Di sini, Menteri Maliki dan Istri sempat mencicipi air Perigi Tua 8 yang diyakini memiliki khasiat menyegarkan wajah, serta mencoba mengenakan pakaian adat Melayu.

Kunjungan terakhir adalah ke Masjid Raya Sultan Riau Penyengat, yang merupakan salah satu masjid tertua dan terindah di Indonesia. Gubernur Ansar dan Menteri Maliki melaksanakan Sholat Jumat bersama-sama di masjid ini, dengan Gubernur Ansar sebagai khatib yang menyampaikan khotbah tentang eksistensi umat.

Menteri Maliki Osman dan Istri mengaku sangat tertarik dengan Pulau Penyengat. Mereka merasa terhubung dengan sejarah dan silsilah Kesultanan Riau Lingga yang memiliki keterkaitan erat dengan Singapura. Menteri Maliki berjanji akan mempromosikan Pulau Penyengat di negaranya agar lebih banyak wisatawan Singapura yang datang ke pulau ini dan menikmati kekayaan budaya dan sejarahnya.

Gubernur Ansar mengapresiasi kunjungan Menteri Maliki dan rombongannya ke Pulau Penyengat. Menurutnya, ini merupakan bentuk kerjasama dan persahabatan antara Kepri dan Singapura dalam bidang pariwisata. Ia berharap kunjungan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Kepri, khususnya dari Singapura.

“Saya sangat senang bisa mengajak Menteri Maliki dan Istri berkeliling Pulau Penyengat. Mereka sangat antusias dan ingin tahu tentang sejarah dan asal-usul kesultanan yang sangat berkaitan erat dengan Singapura. Ini tentunya bukan kunjungan terakhir mereka ke sini, mereka akan kembali lagi, dan juga membawa kabar baik dari sini untuk membantu mempromosikan Pulau Penyengat di negaranya” ucap Gubernur. (rls)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles