Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Pelatihan UMKM di Toapaya Asri, Upaya Lurah Sistiana Mendorong Kemandirian dan Inovasi Masyarakat

Bintan,GK.com – Dalam rangka mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayahnya, Kelurahan Toapaya Asri mengadakan pelatihan UMKM yang diresmikan di kantor kelurahan pada Kamis, 10 Agustus 2023.
Lurah Toapaya Asri, Sistiana,S.STP, mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dibiayai dari dana alokasi umum kelurahan tahun anggaran 2023. “Kegiatan ini sudah direncanakan sejak tahun lalu,” ujarnya melalui pesan Whatsapp pada pukul 15.00 WIB.

Menurut Sistiana, pelaku UMKM di Kelurahan Toapaya Asri sangat beragam, tetapi sebagian besar bergerak di bidang kuliner, seperti membuat kue kering dan basah. “Kami tidak membatasi siapa saja yang bisa mengikuti pelatihan ini, karena kami ingin semua pelaku UMKM di sini bisa maju bersama,” katanya.

Sistiana menambahkan bahwa narasumber yang memberikan materi pelatihan berasal dari Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan Bintan, yang telah diminta oleh pihak kelurahan untuk membantu pelaku UMKM memahami berbagai hal terkait usahanya. “Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, pelaku UMKM bisa lebih inovatif dalam mengembangkan produknya, lebih mahir dalam memasarkan produknya secara digital melalui media sosial, dan memiliki ciri khas yang bisa menarik pembeli,” tuturnya.

Sistiana juga mengungkapkan bahwa pihak kelurahan selalu berupaya membantu promosi produk-produk UMKM dengan menyediakan tempat untuk berjualan pada setiap acara bazar atau kegiatan lainnya. “Namun kami juga menginginkan adanya kemandirian dari pelaku UMKM itu sendiri, bagaimana mereka bisa bersaing dengan produk-produk lainnya di pasaran,” pungkasnya. (NDY)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles