Kamis, Juni 20, 2024
spot_img

Seragam dan SPP Gratis untuk Siswa SMA, SMK, dan SLB di Kepri Tahun 2024

KEPRI, GK.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) akan memberikan seragam dan SPP gratis bagi siswa dan siswi SMA, SMK, dan SLB di tahun 2024. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meringankan beban orangtua siswa di Kepri.

Menurut Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad, program seragam dan SPP gratis ini merupakan salah satu upaya Pemprov Kepri untuk memenuhi harapan masyarakat. Ia berharap program ini dapat mendorong semua anak-anak di Kepri untuk bersekolah dan tidak putus sekolah.

“Kita ingin memperbaiki pelayanan pendidikan di Kepri. Kita ingin semua anak-anak di Kepri bisa sekolah. Tahun 2024 kita siapkan seragam gratis untuk SMA, SMK, dan SLB, serta SPP gratis untuk siswa yang tidak mampu. Kita butuh SDM yang cerdas dan handal untuk membangun Kepri, salah satunya kita dukung melalui pendidikan,” ujar Ansar, Selasa (8/8).

Ia menambahkan, melalui pendidikan, kaderisasi dan calon pemimpin Kepri di masa depan akan terbentuk. “Semua anak-anak Kepri harus sekolah. Karena semua anak-anak Kepri memiliki hak yang sama untuk itu. Melalui bangku sekolah kaderisasi terbentuk dan calon para pemimpin Kepri dimasa depan akan terjaring,” katanya.

Anggaran yang disiapkan Pemprov Kepri untuk program seragam gratis ini mencapai Rp16,528 miliar untuk sebanyak 26.780 siswa. Seragam yang diberikan meliputi stelan seragam putih-abu-abu dan seragam pramuka.

Rincian anggaran dan jumlah siswa yang mendapatkan seragam gratis adalah sebagai berikut:
– SMA: Rp10,153 miliar untuk 16.923 siswa
– SMK: Rp5,674 miliar untuk 9.457 siswa
– SLB: Rp700 juta untuk 400 siswa

Sedangkan untuk program SPP gratis, Pemprov Kepri akan memberikannya bagi siswa yang kurang mampu.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Andi Agung mengatakan, program seragam gratis ini sudah dimulai sejak tahun 2023 untuk siswa SLB dengan anggaran sebesar Rp1,7 miliar. “Untuk 2024 seragam gratis diberikan untuk seluruh siswa SMA, SMK, dan SLB. Dan di tahun 2023 ini sudah selesai tahap lelang untuk pemberian seragam gratis siswa SLB sebanyak 5 stel seragam,” tuturnya.(rls)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img