Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Hj. Dewi Kumalasari Ansar Berikan KTP-El kepada Pelajar SMA N 1 Toapaya, Bintan

KEPRI. GK.com – Sebagai Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau, Hj. Dewi Kumalasari Ansar mengikuti acara Fasilitasi Update Data Kependudukan dan Penyerahan KTP – Elektronik Pemula untuk pelajar SMA yang sudah berusia 17 tahun di SMA Negeri 1 Toapaya, Bintan, pada hari Senin (7/8).

Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kependudukan Pencatatan Sipil (PMDDukcapil) Provinsi Kepri dengan program inovasi Perekaman Pemilih Pemula Bintan (Pemilah Intan) Disdukcapil Kabupaten Bintan.

Ada 46 KTP – El yang diberikan secara langsung oleh Hj. Dewi Kumalasari Ansar kepada pelajar SMA Negeri 1 Toapaya yang sudah berusia 17 tahun dan sudah tercatat dalam sistem perekaman yang sebelumnya dilaksanakan dalam kegiatan Pelayanan Terpadu Perekaman KTP – El di Sekolah SMA Negeri 1 Toapaya.

Dalam pidatonya, Hj. Dewi Kumalasari Ansar menyatakan bahwa penyerahan KTP – El ini adalah wujud dari tanggung jawab pemerintah kepada masyarakat yang sudah mencapai usia 17 tahun sesuai dengan ketentuan undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan dan peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 9 tahun 2011 tentang pedoman penerbitan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara nasional.

“Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada semua pelajar SMA N 1 Toapaya yang akan mendapatkan KTP – El hari ini, dapat merawat dengan baik dokumen negara tersebut dan menggunakannya sesuai keperluan,” ujar Hj. Dewi Kumalasari Ansar.

Hj. Dewi Kumalasari Ansar juga menekankan bahwa memiliki data kependudukan yang ter-update sangat penting, karena data kependudukan ini banyak dimanfaatkan seperti pada pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit, Pengurusan Bantuan Sosial, Pemilih dalam Pemilu, Pelayanan Perbankan dan lain – lain.

“Jadi masyarakat sangat disarankan untuk melakukan update data agar data yang ditampilkan merupakan data yang tepat saat pelayanan dan merupakan data terbaru yang dimiliki masyarakat tersebut,” katanya.

Terakhir, Hj. Dewi Kumalasari Ansar menjelaskan bahwa penyerahan dokumen administrasi kependudukan berupa KTP-el secara simbolis kepada pelajar pemilih pemula ini juga merupakan bentuk kewajiban dan tanggung jawab dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam menyelenggarakan urusan administrasi kependudukan yang tertib dalam rangka pelayanan publik dan pembangunan sektor lainnya.

“Saya berharap dengan kegiatan pelayanan terpadu perekaman KTP-El bagi pemula dapat meningkatkan kesadaran pentingnya administrasi kependudukan bagi masyarakat Kepri, khususnya bagi pelajar sehingga untuk kedepan dapat tertib administrasi kependudukan,” tutupnya.

Hadir dalam acara ini, Kadisdukcapil Kepri Misbardi, Kepala Sekolah SMA N 1 Toapaya, para guru SMA N 1 Toapaya dan Pelajar SMA N 1 Toapaya.(rls)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles