Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Gubernur Ansar Turut Meriahkan Bulan Bakti Pramuka ke-62 dengan Menanam 750 Bibit Pohon

KEPRI, GK.com – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menjadi salah satu peserta dalam kegiatan bakti sosial yang digelar oleh Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Kepri, Sabtu (5/8). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan Bulan Bakti Pramuka Tahun 2023 dan Hari Pramuka ke-62, yang jatuh pada tanggal 14 Agustus.

Bersama dengan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kepri Adi Prihantara, Ketua Harian Kwarda Kepri Lamidi, Kepala Biro Umum Abdullah, para Kamabigus/Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA se-Kota Tanjungpinang, adik-adik Pramuka Penegak se-Kota Tanjungpinang dan para pengurus Kwarda Kepri, Gubernur Ansar menanam 750 bibit pohon di lingkungan Gedung Kwartir Daerah Pramuka Kepri, Dompak, Tanjungpinang.

Bibit pohon yang ditanam berasal dari berbagai jenis, seperti durian, alpukat, jambu air dan lain-lain. Tujuan dari penanaman pohon ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang hijau, sehat dan asri di bumi perkemahan Pramuka Kepri. Selain itu, penanaman pohon ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, baik sebagai sumber oksigen, penyerap karbon dioksida, maupun sebagai sumber buah-buahan.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh anggota Pramuka Kepri ini. Ia mengatakan bahwa penanaman pohon ini sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka yang ke-2, yaitu “Cinta Alam dan Kasih Sayang Kepada Manusia”. Ia juga mengingatkan bahwa kondisi cuaca di Kepri, terutama Tanjungpinang, belakangan ini tidak menentu. Kadang panas terik, kadang hujan deras. Oleh karena itu, pohon-pohon yang ditanam dapat berfungsi sebagai peneduh dan pelindung dari cuaca ekstrem.

“Kita semua membutuhkan pohon sebagai tempat resapan air, sebagai paru-paru kota karena tumbuhan tersebut menghasilkan kadar oksigen yang cukup banyak dan penyerapan gas CO2 (karbon dioksida) yang ada di udara. Oleh karenanya setelah kegiatan ini saya harapkan bumi perkemahan Pramuka Kepri dapat tumbuh asri. Serta dapat menjadi pusat perkemahan dan buat pusat pendidikan bagi anggota Pramuka dan masyarakat lainnya,” ujar Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyampaikan bahwa penanaman pohon ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam mengatasi perubahan iklim yang terjadi di Indonesia. Ia berharap bahwa dengan menanam pohon, kita dapat berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global dan menjaga keseimbangan lingkungan.

“Kami mengimbau kepada generasi muda, mulai sekarang agar menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan diantaranya gemar menanam pohon. Dengan harapan, apa yang kita tanam hari ini semoga bermanfaat di masa yang akan datang,” tutupnya.(***)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -spot_img