Kamis, April 25, 2024
spot_img

Dekranasda Kepri Gelar Rakerda, Sinergikan Program Kerja untuk Tingkatkan Daya Saing Kerajinan

KEPRI, GK.com – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2023 di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Jumat (4/8). Acara ini dihadiri oleh 50 pengurus Dekranasda dari seluruh Kabupaten/Kota di Kepri. Rakerda ini bertema “Bangun Sinergi, Perkuat Daya Saing” dan bertujuan untuk menyelaraskan program kerja Dekranasda Kepri dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se-Provinsi Kepri.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar yang juga merupakan istri dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad. Dalam sambutannya, Dewi Ansar mengatakan bahwa Dekranasda memiliki peran penting dalam melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya daerah melalui produk kerajinan. Selain itu, Dekranasda juga berkontribusi dalam pembangunan nasional dan daerah melalui industri kerajinan.

“Untuk itu, kita harus bersinergi dengan baik antara pengurus Dekranasda, OPD, dan para pengrajin di daerah. Sinergitas ini harus tercermin dalam program-program kerja yang kita susun bersama. Program-program kerja ini harus bisa menjawab tantangan dan kebutuhan yang ada di lapangan, sehingga pengembangan kerajinan dan kesejahteraan pengrajin bisa tercapai,” ujar Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga menyampaikan apresiasinya kepada Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota yang telah mendukung dan membina para pengrajin di daerahnya masing-masing. Ia berharap agar Rakerda ini menjadi momentum untuk mengembalikan kejayaan industri kerajinan yang berbasis budaya bangsa.

“Saya berharap kita semua bisa bekerja sama dengan baik dan saling mendukung satu sama lain. Mari kita terus berinovasi dan berkreativitas dalam menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas dan berdaya saing. Mari kita angkat wastra daerah Kepri ke tingkat internasional dengan berkolaborasi dengan designer lokal maupun nasional,” tutupnya.

Turut hadir dalam Rakerda ini, Ketua Dekranasda Kabupaten Karimun Raja Azmah Ainur Rofiq, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Anambas Idarwati Wan Zuhendra, Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Natuna Dewi Kumilawati, Ketua Harian Dekranasda Kota Tanjungpinang Riany, Sekretaris Dekranasda Kabupaten Bintan Dian Erfanita, dan para pengurus Dekranasda Kabupaten Lingga.(***)

Editor : Ronny

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles